KONVERGENSI HUKUM PERSAINGAN USAHA TERHADAP KOMUNIKASI BISNIS DI SEKTOR EKONOMI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.37090/keadilan.v21i1.889Abstract
Persaingan usaha dalam era ekonomi digital seperti saat ini, telah menuntut para pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan usahanya secara daring. Dalam hal ini komunikasi bisnis diperlukan dalam suatu persaingan usaha yang sehat dan hukum persaingan usaha menjadi salah satu yang memungkina Akibat dari itu, para pembeli juga akan melakukan pembelian secara daring. Hal ini, implikasinya akan berdampak pada persaingan usaha. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan usaha Tidak Sehat dalam hal ini belum mengakomodasi terkait dampak komunikasi bisnis dalam persaingan usaha ekonomi digital Maka dengan itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hukum persaingan usaha terhadap komunikasi bisnis di sektor ekonomi digital. Penelitian ini mengunakan yuridis normatif. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam dunia bisnis dan usaha, dibutuhkan yang namanya aspek penunjang komunikasi yang baik dan belum adanya regulasi yang mengatur tentang pasar digital sangat disayangkan mengingat hal ini sangat urgent untuk diperhatikan oleh pemerintah sebab struktur pasar ini sangat berbeda dalam segala aspeknya dengan pasar konvensional yang telah dikenal, dan sangat berpotensi untuk dikembangkan karena hukum persaingan usaha dalam komunikasi bisnis merupakan cara dimana bagaimana menyampaikan pesan dari komunikator ke komunikan dengan melihat keadaan situasional usaha yang semakin berkompetisi satu dan lainnya melalui upaya yang strategis.
Downloads
References
Buku
Cita Yustisia Serfiani dkk., (2013), Buku Pintar Bisnis Online dan Transaksi Elektronik, Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Mustafa Abdullah, Pengantar Hukum Persaingan Usaha, Jakarta: CV. Rajawali, 2012, hlm.39
Sirait, Ningrum, Natasya, (2004), Hukum Persaingan di Indonesia, Penerbit Pustaka Bangsa Press : Medan
Sudaryono, S. P.(2022). Komunikasi Bisnis. Prenada Media.
Jurnal
Febrina, R. (2022). Persaingan Usaha pada Era Digital Menurut Persepektif Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 121-127.
Mellyan, M. (2020). Social Media Marketing; Strategi Komunikasi Bisnis Era Digital (Studi Analisis Portal Tanifund. Com). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 21-44.
Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. Jurnal Semarak, 2(1), 31-43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suhaimi, Topan Indra Karsa, Rohani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.