PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MINYAK GORENG MERK TROPICAL PADA PT. FOCUS DISTRIBUSI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.37090/jpb.v2i2.382Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) meliputi produk (product), harga (price), distribusi (distribution), dan promosi (promotion) terhadap peningkatan volume penjualan minyak goreng merk tropical pada PT. Focus Distribusi Indonesia Cabang Lampung baik secara simultan maupun parsial oleh konsumen di wilayah provinsi Lampung. Dalam penelitian pada perusahaan minyak goreng merk Tropical ini adalah bagaimana bauran pemasaran (marketing mix) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap volume penjualan produk. Berdasarkan perhitungan didapat untuk r- hitung adalah 0,696 apabila dikonsultasikan dengan r-tabel untuk tarif signifikan 5% adalah 0,344 ternyata r-hitung lebih besar dari pada r-tabel atau r-hitung (0,696) > r-tabel (0,344) pada tarif signifikan 5%. Dengan demikian bauran pemasaran (marketing mix) mempunyai pengaruh positif dalam meningkatan volume penjualan minyak goreng merk Tropical di PT. Focus Distribusi Indonesia Cabang Lampung. Dari perhitungan diatas dikonsultasikan dengan skala interpretasi nilai r untuk mengetahui antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y), interpretasi tersebut didapat bahwa pengaruh bauran pemasaran dalam meningkatkan volume pejualan minyak goreng berada pada skala interprestasi 0,60 - 080 atau pada kategori tinggi (signifikan).
Kata kunci: bauran, pemasaran, volume penjualan, minyak goreng Tropical
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Hasan, 2013, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service
Alma, Buchari, 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung : Alfabeta
Assauri, Sofjan, 2014, Manajemen Pemasaran, (Dasar, Konsep dan Strategi) Jakarta : PT. Graf Grafindo Persada
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016, Marketing Management, 15th Edition, New Jersey : Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip and Gerry Armstrong, 2014, Principle of Marketing, 15th Edition, New Jersey : Pearson Pretice Hall, Inc.
Mursid, M. 2013, Manajemen Pemasaran Jakarta : Bumi Literacy.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012 Pemasaran Strategik, Yogyakarta : Andi
Sugiyono, 2015, Statistika Nonparametris Untuk Penelitian, Bandung : Apfabeta.
Sugiyono, 2013, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Apfabeta.
Swastha, Basu DH, 2010, Azas-Azas Marketing Jakarta : Idhiil
Terry, George R, 2013, Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Suryani Suryani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.