Evolusi Public Relation Di Era Digital

Strategi Untuk Membangun Reputasi Di Dunia Maya

Authors

  • Dwi Ayu Septiyani Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1596

Keywords:

Public Relation, Digital, Organization

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi saat ini berpengaruh terhadap fungsi Public Relation suatu perusahaan atau organisasi, dimana teknologi ini dapat membantu organisasi berkomunikasi dengan public mereka terutama pada tahapan transformasi digital. Hal ini tentunya melahirkan peran dan fungsi PR untuk semakin maksimal dengan penggunaan teknologi baru. Metode penulisan yang digunakan yakni menggunakan studi kepustakaan atau literatur yang bersumber dari jurnal, e-book mengenai Public Relation. Hasil kajian menunjukkan bahwa kemajuan teknologi, khususnya teknologi digital saat ini memengaruhi konsep dan kinerja bagian PR pada setiap organisasi. Kinerja Public Relation kini tidak dapat dipisahkan lagi dari internet. Internet tidak hanya menjadi instrumen fisik dalam mengelola suatu perusahaan atau organisasi tetapi juga menjadi medium untuk mengelola hubungan organisasi dengan public. Beberapa fasilitas internet yang telah digunakam PR di era digital sekarang antara lain: situs web (web site); e-mail (electronic mail); mailing list (milis), media social (social media); aplikasi chatting (komunikasi langsung); dan bisa juga aplikasi sistem Informasi Manajemen (SIM).

References

Ahnsar, M. (2019). Electronic Public Relations (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital. Jurnal Komodifikasi, Volume 8, 200–213. https://core.ac.uk/download/pdf/270191921.pdf

Dewi, R. D. L. P., Ambulani, N., Wibowo, S. E., Suardana, I. M., Rata, K. D., Cindrakasih, R. R., & Saktisyahputra, S. (2024). No Title. In Sepriano (Ed.), Ajar Strategi dan Teknik Publik Relations (p. 106). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ERYFEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Strategi+dan+Teknik+Publik+Relation&ots=O_GAQDVWjY&sig=NZjSSbKYItuK-r6M5ut9lx1KAvc&redir_esc=y#v=onepage&q=Strategi dan Teknik Publik Relation&f=false

Kusumawardani, Q. D. (2016). Strategi Komunikasi Pada Pasar Modal Syariah Berbasis Cyber Public Relations di Rumah Sakit. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/1559

Pribadi, A. (2021). Transformasi Digital Terhadap Kelangsungan Profesi Public Relations Di Era Disrupsi Digital Transformation To the Sustainability of the Public Relations Profession in the Era of. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial Dan Politik [JIMSIPOL], 1(2), 0. https://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/418

Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.

Susilawati, S., Arief, M., Priyadi, C., & Ridwan, W. (2022). Penguatan Peran dan Fungsi Public Relation Dalam Era New Digital. Jurnal Cyber PR, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2127

Zultian, E., & Razak, R. (2023). Analisis Strategi Public Relations Omah Record Dalam Melakukan Publikasi Musik Indie. Agustus, 10(4), 3280.

Published

2024-06-29

How to Cite

Septiyani, D. A. . (2024). Evolusi Public Relation Di Era Digital: Strategi Untuk Membangun Reputasi Di Dunia Maya. Journal Media Public Relations, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1596

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.