STRATEGI MEDIA CETAK LAMPUNG POST UNTUK BERTAHAN DI TENGAH MENJAMURNYA BERITA ONLINE

Authors

  • Agus Riyanto Lampung Post

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v3i1.974

Keywords:

Pergeseran Preferensi, Media Cetak, Berita Online, Berita

Abstract

Perkembangan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) begitu cepat, membuat peran media cetak semakin ditinggalkan oleh pembacanya. Hal itu dipegaruhi oleh perkembangan portal berita online yang memberikan kemudahan untuk mencari informasi berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Pergeseran Preferensi Pembaca Media Cetak Menjadi Berita Online Untuk Memilih Informasi Berita dan Untuk Mengetahui Strategi Media Cetak Bertahan di Tengah Menjamurnya Berita Online di Era Digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Faktor Pergeseran Preferensi Pembaca Media Cetak Menjadi Berita Online Untuk Memilih Informasi Berita meliputi, mudah, praktis, berita tersaji secara cepat (realtime), murah, melek teknologi dan juga faktor usia. (2) Strategi Media Cetak Bertahan di Tengah Menjamurnya Berita Online di Era Digitalisasi meliputi menyajikan berita secara mendalam (indeep), menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar sesuai dengan KBBI, mepebaharui tampilan koran (layout), mencetak koran sesuai dengan jumlah order, kovergensi media, mengupdate kemampuan sumber daya manusia (SDM) dan yang terakhir membuat koran digital (e-paper).

References

Bambang Supomo dan Nur Indriantoro, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UGM.

Burhan Bungin, Sosiologi Komunikasi (Jakarta: Kencana,2011), Hlm.79

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

J Supranto, 1998, STATISTIK (Icori dan Aplikasi) Edisi Keiima, Erlangga, Jakarta.

McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi Massa (ed 6). Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal 6

West Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke-3 Terjemahan Maria Natalia

Published

2023-06-25

How to Cite

Riyanto, A. (2023). STRATEGI MEDIA CETAK LAMPUNG POST UNTUK BERTAHAN DI TENGAH MENJAMURNYA BERITA ONLINE. Journal Media Public Relations, 3(1), 14–27. https://doi.org/10.37090/jmp.v3i1.974

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.