Peran Humas Kemnaker RI dalam Meningkatkan Komunikasi Pelayanan Publik Melalui Portal Pusat Bantuan Kemnaker.go.id

Authors

  • Hervina Afrianti Rahayu Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Abung Supama Wijaya Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2544

Keywords:

cmc, humas, komunikasi, pelayanan publik

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut instansi pemerintah, termasuk Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), untuk meningkatkan pelayanan publik yang responsif. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penguatan peran hubungan masyarakat (humas) dalam komunikasi digital, khususnya melalui Portal Pusat Bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Humas Kemnaker RI dalam meningkatkan komunikasi pelayanan publik digital melalui portal tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap aktivitas humas, sedangkan data sekunder dikumpulkan dari hasil literatur seperti jurnal, dan buku. Penelitian ini menggunakan teori Computer-Mediated Communication (CMC) sebagai landasan untuk memahami interaksi digital antara instansi pemerintah dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kemnaker memiliki peran yang penting sebagai fasilitator, dan komunikator antara masyarakat dan pemerintah. Selain itu, dalam menjalankan tugasnya humas juga melakukan mekanisme eskalasi pengaduan, dengan meneruskan pertanyaan atau permasalahan yang bersifat teknis kepada unit terkait agar dapat ditangani secara lebih tepat. Meskipun demikian, tantangan masih ditemukan dalam hal literasi digital masyarakat dan keterbatasan sumber daya manusia. Oleh karena itu, peran Humas Kemnaker RI disini sangat penting dalam mendukung transformasi pelayanan publik digital. Penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan sosialisasi menjadi kunci keberlanjutan komunikasi pelayanan publik yang efektif di era digital.

References

Afriyani, A., Muhafidin, D., & Susanti, E. (2022). Transformasi Digital Pelayanan Perizinan Berusaha (SI ICE MANDIRI) di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Jurnal Manajemen dan Or-ganisasi, 13(2), 148-165

Akhyar, A. (2023). Kualitas Pelayanan Pub-lik: Suatu Tinjauan Mengenai Kepuasan Masyarakat. Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 103-113.

Aryani, I. P., Anindhita, W., & Safitri, D. (2024). Peran Public Relations dalam Pelayanan Publik di Badan Kepega-waian Negara (BKN) Pusat. Jurnal Indo-nesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(1), 80-89.

Ananda, M. (2020). Peran humas dalam meningkatkan pelayanan informasi ketenagakerjaan di Dinas Tenaga Kerja Duri. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indone-sia.

Bakar, A. (2021). Hakekat Pelayanan Publik. Jurnal Perspektif, 13(2), 81-87.

Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Ri-anti, R., & Khotimah, R. C. K. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Krea-tivitas Mahasiswa, 1(2), 105-113.

Firmansyah, Y., Maulana, R., & Fatin, N. (2020). Sistem Informasi Pengaduan Warga Berbasis Website (Studi Kasus: Kelurahan Siantan Tengah, Pontianak Utara). J. Cendikia, 19, 397-404.

Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi In-formatika Kabupaten Minahasa. POLIT-ICO: Jurnal Ilmu Politik, 10(1).

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hendriana, T. I., Werdiningsih, R., Samsara, L., IAN, S., Lelo Sintani, M. M., Barsei, A. N., ... & Sarie, F. (2023). Manajemen Pelayanan Publik. Cendikia Mulia Man-diri.

Isa, N. K., & Wijaya, L. S. (2024). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Kota Surakarta Melalui Media Relations. Journal Media Public Relations, 4(2), 85-96.

Karlina, L. (2021). Implementasi humas da-lam meningkatkan pelayanan publik di Kantor DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara. (Dis-ertasi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1-12.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian.

McQuail, D. (2020). McQuail’s Mass Com-munication Theory (7th ed.). London: Sage Publications.

Putranto, A., Razali, G., Putra, B. A., & Comm, M. I. (2025). Komunikasi Media Baru. Cendikia Mulia Mandiri.

Rosmala, R., Yodiansyah, H., Dewi, S. A. E., Kurniadi, D., & Theo, I. (2025). Peran Humas Pemerintah Membangun Citra Positif:(Analisis Kasus Gubernur Kali-mantan Selatan Tahun 2024). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 10(1), 259-276.

Rossita, F. B. (2023). Strategi Humas PLN Tempeh Dalam Meningkatkan Citra Pe-rusahaan. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(02), 215-228.

Santoso, B. (2023). Digitalisasi Pelayanan Publik: Konsep, Implementasi, dan Tan-tangan. Surabaya: Airlangga University Press.

Shania, L. V., & Prima, E. P. (2024). Strategi Public Relations Garda Pangan dalam Mensukseskan Pelaksanaan Program Food Rescue. DIGICOM: Jurnal Komu-nikasi dan Media, 4(3), 195-211.

Simarmata, A., Simbolon, J., Varanti, Y., Damanik, M. M. C., Silalahi, E., Fauzi, M., ... & Purba, D. G. (2024). Perkem-bangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Jaringan Komunikasi di Nagori Simbo-lon Tengkoh. Student Scientific Creativi-ty Journal, 2(1), 75-90.

Suhaimi, S., & Rahmadani, D. (2021). Strategi Public Relations Untuk Meningkatkan Minat Pengunjung Museum Negeri Lampung Ruwa Jurai. Journal Media Public Relations, 1(2), 56-68.

Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rah-mayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212-224.

Ulumiyah, P. R. U. R., & Gati, R. A. (2024). Meningkatkan Keterbukaan Publik: Strategi Humas Pemerintahan dalam Pe-layanan Informasi Publik pada Portal Website PPID Kementerian Pem-berdayaan Aparatur Negara dan Refor-masi Birokrasi. Jurnal Pembangunan Dan Administrasi Publik, 41-58.

Wahyuning Chumaeson. (2023). Peran hu-mas DPRD Kota Surakarta dalam me-nanggapi aspirasi masyarakat melalui website. Jurnal Ekonomi, Sosial & Hu-maniora, 4(05), 74-82.

Yananingtyas, H. Z., & Irwansyah, I. (2020). Cyber Public Relations Melalui Mi-croblogging Dalam Menjaga Citra Pem-prov DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199-212.

Published

2025-06-11

How to Cite

Rahayu, H. A., & Wijaya, A. S. (2025). Peran Humas Kemnaker RI dalam Meningkatkan Komunikasi Pelayanan Publik Melalui Portal Pusat Bantuan Kemnaker.go.id. Journal Media Public Relations, 5(1), 26–35. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2544

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.