STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN BRANDING KOPI ROBUSTA HOLYCITY

Studi Di Desa Bintuhan Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat Sumatera Selatan

Authors

  • Bainal Huri Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Mohamad Ernaldy Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1337

Keywords:

Kopi Robusta Holycity, Strategi Komunikasi, Branding, Media Sosial, Differensiasi Produk

Abstract

Strategi komunikasi memiliki peran penting dalam membangun dan memperkuat branding suatu produk atau layanan. Dalam konteks ini, kita akan membahas bagaimana Kopi Robusta Holycity, yang beroperasi di Desa Bintuhan, Sumatera Selatan, menggunakan strategi komunikasi untuk meningkatkan citra dan keberlanjutan bisnisnya. Kopi Robusta Holycity memasarkan dirinya tidak hanya sebagai kopi berkualitas tinggi tetapi juga sebagai pengalaman unik yang menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan. Dalam strategi komunikasinya, perusahaan berfokus pada dua elemen kunci: differensiasi produk dan pelayanan. Pertama, differensiasi produk. Kopi Robusta Holycity menawarkan varian kopi jahe yang khas, menggabungkan cita rasa kopi yang kuat dengan sentuhan jahe yang segar. Keunikan ini menjadi titik penjualan utama perusahaan, dan pesan ini dikomunikasikan melalui berbagai saluran media. Melalui iklan di media sosial, seperti Instagram dan Facebook, perusahaan menyoroti proses pembuatan kopi jahe yang cermat dan keunikan rasanya. Kedua, differensiasi pelayanan. Kopi Robusta Holycity menekankan pengalaman pelanggan yang ramah dan hangat. Karyawan dilatih untuk memberikan layanan pelanggan yang personal dan memastikan setiap kunjungan pelanggan adalah pengalaman yang berkesan. Ini tidak hanya menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan tetapi juga membangun kesetiaan merek.Dalam membangun brand awareness, strategi media sosial menjadi sangat penting. Melalui konten kreatif, seperti video proses pembuatan kopi jahe atau gambaran kehidupan sehari-hari di desa, Kopi Robusta Holycity menciptakan narasi yang menarik. Penggunaan hashtag khusus dan kampanye berbasis pengikut (follower-based) membantu perusahaan memperluas jangkauan online-nya dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan potensial.Selain media sosial, Kopi Robusta Holycity juga menggandeng aplikasi pengantar makanan populer seperti Gojek dan Grab. Ini tidak hanya mempermudah pelanggan untuk menikmati produk mereka di mana saja tetapi juga membuka pintu bagi pertumbuhan bisnis secara nasional. Kegiatan event dan Corporate Social Responsibility (CSR) juga menjadi bagian integral dari strategi komunikasi. Menghadiri event-event lokal, seperti pasar seni atau festival makanan, memungkinkan Kopi Robusta Holycity untuk terlibat langsung dengan komunitas setempat dan meningkatkan eksposur mereknya. Selain itu, kegiatan CSR, seperti mendukung petani kopi lokal atau menyelenggarakan pelatihan bagi warga desa sekitar, tidak hanya meningkatkan citra perusahaan tetapi juga memberikan dampak positif pada masyarakat.

References

Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Bungin, Burhan. 2005. Analisis Data Penelitian Kualitatif (Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi). Pt. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Effendi, Onong. 2003. Hubungan Masyarakat. PT Remaja Rosdakarya Effendy: Bandung

C.A. Peursen, 1991, Orientasi di Alam Filsafat, Gramedia, Jakarta

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi, PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta

Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta

Kriyantono, Rachmat, 2008. PR Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Kencana : Jakarta

Kotler dan Amstrong, 2012, Marketing Management Analysis, Planning, Implementation, and Control. International edition. Upper Sadle River, Prentice Hall Inc.: New Jersey

Moelong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya : Bandung.

Muhammad Arni, 2004, Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara: Jakarta

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Referensi (Gp Ress Group): Jakarta Selatan

Mulyana, 2004, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya : Bandung

Ngainun Naim, 2009, Menjadi Guru yang Inspiratif. Pustaka pelajar, Yogyakarta

Pambayun Menur Seta, 2014, Strategi Komunikasi PT. Kaha Event Management dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri : Jakarta

Prayitno, Sunarto, Rudy Harjanto. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Depok: Rajawali Pers

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix For Small Business : Cara Jitu Merontokkan Pesaing. Jakarta: Trans Media.

Rosady Ruslan, 2017, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Grafindo Persada: Jakarta

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 1 Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprapto, Tommy, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi, Jakarta : PT. Buku Seru

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Published

2023-12-30

How to Cite

Huri, B., & Ernaldy, M. . (2023). STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN BRANDING KOPI ROBUSTA HOLYCITY : Studi Di Desa Bintuhan Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Journal Media Public Relations, 3(2), 38–52. https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1337

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.