ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS KEMNAKER DALAM MERESPONS FLUKTUASI VIEWERS TIKTOK

Authors

  • Ratu Chiandita Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Abung Supama Wijaya Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2558

Keywords:

Komunikasi Digital, Public Relations, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh Humas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) dalam merespons fluktuasi jumlah viewers pada platform TikTok. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus deskriptif, penelitian ini mengungkap bagaimana Kemnaker memanfaatkan media sosial, khususnya TikTok, sebagai saluran komunikasi publik yang lebih efektif untuk menjangkau audiens muda, terutama dalam penyampaian informasi terkait ketenagakerjaan. Penelitian ini menemukan bahwa Humas Kemnaker konsisten memproduksi konten edukatif yang dikemas secara visual dan menarik, menggabungkan elemen hiburan dan edukasi (edutainment), serta beradaptasi dengan tren populer untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan audiens. Tantangan yang dihadapi Kemnaker adalah fluktuasi performa konten yang dipengaruhi oleh cara kerja algoritma TikTok dan kebutuhan untuk menyesuaikan konten dengan tren yang sedang berlangsung. Meskipun telah menerapkan strategi komunikasi berbasis visual dan interaktif, konten yang lebih informatif terkadang memiliki jangkauan yang rendah dibandingkan dengan video ringan yang mengikuti tren. Penelitian ini menyarankan bahwa strategi konten yang lebih adaptif dan berbasis data analitik sangat diperlukan untuk mempertahankan perhatian audiens serta memperbaiki kinerja distribusi konten di TikTok.

References

Abdul Aziz, H. A., & Mohd Dali, S. Z. (2023). More Than Just Engaging? Tiktok As An Effective Educational Tool. International Journal Of Education, Psychology And Counseling, 8(52), 133–142. Https://Doi.Org/10.35631/Ijepc.852011

Akbar, M. F., Ati, H. D. L., & Sukarson, A. (2024). Peran Tiktok Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Kalangan Milenial Dan Gen Z. Journal Media Public Relations, 4(1), 52-57.

Badriyah, Aris Hendrawan, Toto Parwono, & Nasril. (2022). Marketing Communication Strategy Analysis In The Manufacturer Of The Lightning Protector. Manager: Journal Of Management And Administration Science, 1(1), 23–28. Https://Doi.Org/10.58738/Manager.V1i1.100

Chairunisa, H., Sahara, S., Karimah, M., Lubis, W. M., Gultom, D. V., & Limayasi, C. N. (2024). Strategi Komunikasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Gen Z. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(5). Https://Doi.Org/10.47467/Elmujtama.V4i5.3146

Chen, L. (2023). Effective Strategies For Attracting And Engaging Target Audiences In Today’s Competitive Market. In Journal Of Education, Humanities And Social Sciences Eais (Vol. 2023).

Haikal Aziz Qhorni, & Raditya Pratama Putra. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Melalui Konten Tips Dan Trik. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(2), 839–843. Https://Doi.Org/10.29313/Bcscm.V3i2.8943

Hana Apriyanti, Ira Safaat Aeni, Reva Sila Kinaya, Nasywa Hasna Nabilla, April Laksana, & Lika Mulki Latief. (2024). Keterlibatan Penggunaan Media Sosial Pada Interaksi Sosial Di Kalangan Gen Z. Sosial Simbiosis : Jurnal Integrasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(4), 229–237. Https://Doi.Org/10.62383/Sosial.V1i4.929

Haura, A. S., De Fretes, D., & Kustap, K. (2024). Musik Viral Dalam Peningkatan Brand Awareness Pada Konten Tiktok. Ekspresi, 13(2). Https://Doi.Org/10.24821/Ekp.V13i2.14266

Kurniawan, S., I, A. P., & Ependi, A. (2023). Analisis Usability Aplikasi C-Access Commuterline Menggunakan System Usability Scale (Sus). Jurnal Syntax Admiration, 4(7), 894–911. Https://Doi.Org/10.46799/Jsa.V4i7.671

Rahman, R. A. (2024). Digital Marketing Communication Strategies In The Era Of Disruption. Jurnal Kebijakan Publik, 15(2), 261. Https://Doi.Org/10.31258/Jkp.V15i2.8522

Ruchiat Nugraha, A., Fatma Sjoraida, D., & Novianti, E. (2022). Analisis Strategi Humas Pemerintahan Era Milenial Dalam Menghadapi Tata Kelola Informasi Publik. Profesi Humas, 6(2), 286–310.

Satria, T., & Nurmandi, A. (2024). Behavioral Patterns Of Social Media Users Toward Policy: A Scientometric Analysis 192 Behavioral Patterns Of Social Media Users Toward Policy: A Scientometric Analysis. Policy & Governance Review, 8(2), 192–211. Https://Doi.Org/10.30589/Pgr

Sentosa, I., & Vanel, Z. Strategi Marketing Public Relations Sabandina Koffie Untuk Membangun Brand Recognition. Journal Media Public Relations, 4(2), 10-22.

Suhendra, S., Suprianto, B., & Marhamah, F. S. (2024). Mengurai Potensi Media Sosial Dalam Memperkuat Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Media Administrasi, 9(1), 157–168. Https://Doi.Org/10.56444/Jma.V9i1.1540

Syaftiani, M., Nurmandi, A., Misran, M., & Younus, M. (2024). Transformative Governance: Utilizing Social Media Dynamics To Improve Public Service Implementation In The Digital Age In Indonesia. Nyimak : Journal Of Communication, 8, 137–156. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31000/Nyimak.V8i2.10735

Yannis Setyanti, W., Ridho, S., Irfanudeen, F., Yanis Setyanti, W., Ridho, S., & Irfanudin, F. (2024). How To Cite: Tiktok Social Media And Democracy: A Study On Generation Z In Australia Indonesia Youth Association (Aiya) Yogyakarta. Tiktok Social Media And Democracy: A Study On Generation Z In Australia Indonesia Youth Association, 4(12), 11809. Http://Eduvest.Greenvest.Co.Id

Published

2025-06-11

How to Cite

Chiandita, R., & Wijaya, A. S. (2025). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS KEMNAKER DALAM MERESPONS FLUKTUASI VIEWERS TIKTOK . Journal Media Public Relations, 5(1), 228–234. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2558

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.