PENERAPAN STRATEGI PR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM
STUDI KASUS DI KAYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2548Keywords:
Kayuwangi, Strategi Komunikasi PR, P.E.N.C.I.L.SAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi PR P.E.N.C.I.L.S dalam pemasaran digital pada Di.Kayuwangi, sebuah coffee shop di Banyubiru, yang memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, untuk meningkatkan visibilitas dan loyalitas pelanggan. Target sasaran penelitian ini mencakup pemilik, staf, serta pelanggan coffee, shop Di.Kayuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan pemilik dan staf, serta dokumentasi promosi di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PR P.E.N.C.I.L.S yang terdiri dari Publikasi, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, serta Social Responsibility efektif dalam meningkatkan kesadaran merek, memperluas pasar, serta memperkuat loyalitas pelanggan. Strategi ini juga terbukti mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di era digital.
References
Claudia, S. I., Sa’diyah, ) ;, & Adawiyah, E. (2024). Strategi Komunikasi Direktorat Pendidikan Profesi Guru Dalam Mengembangkan Minat Generasi Z Menjadi Guru. In Jurnal Professional (Vol. 11, Issue 1).
Ernaldy, M., & Huri, B. (2023). Strategi Komunikasi Untuk Membangun Branding Kopi Robusta Holycity. In Journal Media Public Relation (JMP) (Vol. 3).
Evadianti, Y., & Sukano, R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Konten Promosi Bun Kopi Di Media Sosial Instagram Oleh. In Journal Media Public Relations (JMP (Vol. 2).
Fahrezi, M. A., Mushauwir, A. Al, Rahman, W. N., & Fitroh. (2022). Systematic Literature Review: Peran Hashtag Dalam Meningkatkan Visibilitas Konten Sosial Media (Studi Kasus: Instagram) (Vol. 21, Issue 2).
Hamdanu Budi Nurmana Mulyana Slamet, A. (2022). Brand Desain Melalui Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Dan Informasi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang (Vol. 15, Issue 2). http://journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL
Harahap, D. R. S., Aliwijaya, A., Hariaty, Y., & Susianti, V. A. (2023). Coffee Shop Vs. Perpustakaan: Konsep Tempat Belajar Pemustaka Generasi Baru. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan , 13(2), 123–130.
Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, 13(1), 187–204.
Hongdiyanto, C., & Homan, H. (2020). Pengaruh Event Marketing Dan Store Atmosphere Terhadap Revisit Intention Pengunjung Di Ciputra World Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 18(2), 50–64. https://doi.org/10.32524/jkb.v18i2.65
Hulu, R. D. L., Habib, M. F., Tia, R. S., Husna, F. M., & Suhairi. (2023). Pentingnya Teknik Lobi Dan Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 1, 1–8.
Kadek Riki Mahardika, I., & Putu Putra Astawa, I. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Product Bundling, In Store Display, dan Diskon (Vol. 3, Issue 12).
Narottama, N., Erinda, N., & Moniaga, P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. In JUMPA (Vol. 8, Issue 2). https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report
Novianti, E., Ruchiyat Nugraha, A., Komalasari, L., Komariah, K., Rejeki, S., & Padjadjaran, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir
Purwandani, R., & Alfando, J. (2019). Peranan Media Sosial Instagram @Smrfoodies Dalam Interaksi Sosial.
Puspitasari, L., Mahameruaji, J. N., & Indriani, S. (2017). Publisitas Dan Promosi Film Ada Apa Dengan Cinta? 2. 1(2), 169–176. http://jurnal.unpad.ac.id/protvf
Rahman, M. L., & Huda, N. (2018). Pengaruh Event Marketing Terhadap Positive Emotions, Event Image Dan Brand Image (Studi Pada Acara Yamaha SCOOLic Competition di Banjarmasin). In Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan (JSMK) (Vol. 2, Issue 1). http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Ruchiat Nugraha, A., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2020). Pemanfaatan Pemberitaan Di Media Televisi Dalam Promosi Potensi Objek Wisata Di Era Konvergensi Media Utilization Of News On Television Media In The Promotion Of Potential Tourism Objects In The Era Of Media Convergence.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.
Suminto, M. A. (2022). Identitas Visual Pada Coffeeshop Dan Warung Kopi Di Surabaya. Jurnal Kajian Seni, 9(1), 116–134.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). JunalPendidikanTambusai, 7(1), 2896–2910.
Widiyaningsih, D. S. (2022). Makna Kafe Bagi Remaja Milenial Sebagai Bentuk Citra Diri Di Media Sosial . PUBLICIANA, 15(1), 12–18.
Wijaya, A., & Kinder, L. (2020). Pengaruh Price Bundling dan Product Bundling terhadap Niat Membeli yang Dimoderasi oleh Barang Komplementaritas (Vol. 17, Issue 1).
Yanti, A. V., & Wijaya, L. S. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness Program Internasional. Scriptura, 12(1), 43–57. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.43-57
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Media Public Relations

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.