PENERAPAN STRATEGI PR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM

STUDI KASUS DI KAYUWANGI

Authors

  • Lupi Candra Rini Suryo Kusumo Program Studi Hubungan Masyarakat, Universitas Kristen Satya Wacana
  • George Nicholas Huwae Program Studi Hubungan Masyarakat, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2548

Keywords:

Kayuwangi, Strategi Komunikasi PR, P.E.N.C.I.L.S

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi PR P.E.N.C.I.L.S dalam pemasaran digital pada Di.Kayuwangi, sebuah coffee shop di Banyubiru, yang memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, untuk meningkatkan visibilitas dan loyalitas pelanggan. Target sasaran penelitian ini mencakup pemilik, staf, serta pelanggan coffee, shop Di.Kayuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan pemilik dan staf, serta dokumentasi promosi di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PR P.E.N.C.I.L.S yang terdiri dari Publikasi, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, serta Social Responsibility efektif dalam meningkatkan kesadaran merek, memperluas pasar, serta memperkuat loyalitas pelanggan. Strategi ini juga terbukti mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di era digital.

References

Claudia, S. I., Sa’diyah, ) ;, & Adawiyah, E. (2024). Strategi Komunikasi Direktorat Pendidikan Profesi Guru Dalam Mengembangkan Minat Generasi Z Menjadi Guru. In Jurnal Professional (Vol. 11, Issue 1).

Ernaldy, M., & Huri, B. (2023). Strategi Komunikasi Untuk Membangun Branding Kopi Robusta Holycity. In Journal Media Public Relation (JMP) (Vol. 3).

Evadianti, Y., & Sukano, R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Konten Promosi Bun Kopi Di Media Sosial Instagram Oleh. In Journal Media Public Relations (JMP (Vol. 2).

Fahrezi, M. A., Mushauwir, A. Al, Rahman, W. N., & Fitroh. (2022). Systematic Literature Review: Peran Hashtag Dalam Meningkatkan Visibilitas Konten Sosial Media (Studi Kasus: Instagram) (Vol. 21, Issue 2).

Hamdanu Budi Nurmana Mulyana Slamet, A. (2022). Brand Desain Melalui Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Dan Informasi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang (Vol. 15, Issue 2). http://journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL

Harahap, D. R. S., Aliwijaya, A., Hariaty, Y., & Susianti, V. A. (2023). Coffee Shop Vs. Perpustakaan: Konsep Tempat Belajar Pemustaka Generasi Baru. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan , 13(2), 123–130.

Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, 13(1), 187–204.

Hongdiyanto, C., & Homan, H. (2020). Pengaruh Event Marketing Dan Store Atmosphere Terhadap Revisit Intention Pengunjung Di Ciputra World Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 18(2), 50–64. https://doi.org/10.32524/jkb.v18i2.65

Hulu, R. D. L., Habib, M. F., Tia, R. S., Husna, F. M., & Suhairi. (2023). Pentingnya Teknik Lobi Dan Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 1, 1–8.

Kadek Riki Mahardika, I., & Putu Putra Astawa, I. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Product Bundling, In Store Display, dan Diskon (Vol. 3, Issue 12).

Narottama, N., Erinda, N., & Moniaga, P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. In JUMPA (Vol. 8, Issue 2). https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report

Novianti, E., Ruchiyat Nugraha, A., Komalasari, L., Komariah, K., Rejeki, S., & Padjadjaran, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir

Purwandani, R., & Alfando, J. (2019). Peranan Media Sosial Instagram @Smrfoodies Dalam Interaksi Sosial.

Puspitasari, L., Mahameruaji, J. N., & Indriani, S. (2017). Publisitas Dan Promosi Film Ada Apa Dengan Cinta? 2. 1(2), 169–176. http://jurnal.unpad.ac.id/protvf

Rahman, M. L., & Huda, N. (2018). Pengaruh Event Marketing Terhadap Positive Emotions, Event Image Dan Brand Image (Studi Pada Acara Yamaha SCOOLic Competition di Banjarmasin). In Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan (JSMK) (Vol. 2, Issue 1). http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk

Ruchiat Nugraha, A., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2020). Pemanfaatan Pemberitaan Di Media Televisi Dalam Promosi Potensi Objek Wisata Di Era Konvergensi Media Utilization Of News On Television Media In The Promotion Of Potential Tourism Objects In The Era Of Media Convergence.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.

Suminto, M. A. (2022). Identitas Visual Pada Coffeeshop Dan Warung Kopi Di Surabaya. Jurnal Kajian Seni, 9(1), 116–134.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). JunalPendidikanTambusai, 7(1), 2896–2910.

Widiyaningsih, D. S. (2022). Makna Kafe Bagi Remaja Milenial Sebagai Bentuk Citra Diri Di Media Sosial . PUBLICIANA, 15(1), 12–18.

Wijaya, A., & Kinder, L. (2020). Pengaruh Price Bundling dan Product Bundling terhadap Niat Membeli yang Dimoderasi oleh Barang Komplementaritas (Vol. 17, Issue 1).

Yanti, A. V., & Wijaya, L. S. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness Program Internasional. Scriptura, 12(1), 43–57. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.43-57

Published

2025-06-11

How to Cite

Kusumo, L. C. R. S., & Huwae, G. N. (2025). PENERAPAN STRATEGI PR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM: STUDI KASUS DI KAYUWANGI. Journal Media Public Relations, 5(1), 91–105. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2548

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.