PERILAKU BUDAYA DALAM PERNIKAHAN TRADISI LAMPUNG PESISIR

Authors

  • Wawan Hernawan Universitas Bandar Lampung
  • Intan Cahya Putri Universitas Bandar Lampung
  • Hasan Basri Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1338

Keywords:

perilaku, budaya, pernikahan, lampung, pesisir

Abstract

Perilaku Budaya merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat adat yang dilakukan secara turun temurun, salah satu contoh Budaya yang harus di dipertahankan dan diwariskan adalah Budaya Lampung Pesisir, khususnya upacara pernikahan adat atau biasa disebut dengan “Nayuh”. Penelitian ini berjudul Perilaku Budaya Dalam Pernikahan Tradisi Adat Lampung Pesisir (Studi Kasus Pada Budaya Masyarakat Pekon Way Kerap Semaka Tanggamus). adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara mendalam tentang budaya nayuh dalam Pernikahan Adat Lampung Pesisir, serta mengetahui bagaimana Implementasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pernikahan Adat Lampung Pesisir di daerah Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini melalui reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dan saran. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa upacara pernikahan adat Lampung Pesisir (Nayuh) merupakan salah satu rangkaian acara adat yang masih dilestarikan hingga saat ini oleh masyarakat adat, khususnya di daerah pekon Way Kerap Semaka Tanggamus yang senantiasa menjunjung tinggi nilai tradisi dan budaya mereka, yang merupakan identitas dan kebanggaan tersendiri bagi Masyarakat Lampung Pesisir.

References

Ahmadi, Ruslam. 2014. Metodologi penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Bayu Ady Pratama, & Novita Wahyuningsih (2018) “Pernikahan Adat Jawa di Desa Nengahan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten” Haluan Sastra Budaya, Volume 2, No. 1 Juni 2018, 19-40

Corey, Gerald. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi : Rafika Aditama

Koentjaraningrat, 2002. Kebudayaan Mentalitas Dan Pembangunan. Jakarta McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1.

Jakarta: Salemba Humanika

Rulli, Nasrullah. 2012. Komunikasi Antar Budaya di era budaya siber, Jakarta: Kencana.

Septania, M., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2017). Implementasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Proses Upacara Pernikahan Adat Lampung Saibatin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 1-15.

Published

2023-12-30

How to Cite

Hernawan, W., Cahya Putri, I., & Basri, H. (2023). PERILAKU BUDAYA DALAM PERNIKAHAN TRADISI LAMPUNG PESISIR. Journal Media Public Relations, 3(2), 61–70. https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1338

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.