PERAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PERILAKU SISWA KELAS V D SDN NEGERI 1 KALIBALAU KENCANA BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1336Keywords:
Media Sosial, WhatsApp, Pembelajaran, Matematika, PerilakuAbstract
Media sosial whatsApp adalah alat komunikasi online yang digunakan sebagai alat bantu penyampai pesan (pelajaran) pada pembelajaran daring (Matematika) dimasa Pandemi covid-19 SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung. Dalam pembelajaran daring melalui WhatsApp memudahkan siswa dan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar namun juga memiliki keterbatasan akan interaksi dan pengawasan dalam pembelajaran, sehingga guru tidak dapat mengetahui sejauh mana pemahaman materi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis apakah ada "peran pemberian materi (foto/video)", "peran bahasa", dan "peran penguasaan materi guru" dalam media sosial whatsApp pada pembelajaran matematika dengan perilaku siswa (pengetahuan, sikap, tindakan) kelas VD SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung. Dengan jenis penelitian kualitatif, dan subjek penelitian berjumlah tujuh belas orang, terdiri dari dua key informan dan lima belas informan, menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data serta pendekan teori New Media/media baru (Pierre Levy). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada "peran pemberian materi (foto/video)", "peran bahasa", dan "peran penguasaan materi guru" dalam media sosial whatsApp pada pembelajaran matematika dengan perilaku siswa (pengetahuan, sikap, tindakan) kelas V D SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung. Pembelajaran matematika melalui media sosial WhatsApp dapat membantu siswa memiliki keterampilan berhitung dan mengetahui dan memahami dasar-dasar pelajaran matematika.
References
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Vol.2(1).7.
Effendy ,2003. Ilmu Teori dan Filsafaht Komunikasi. Bandung: PT.Citra Aditya Selemba Humanika.
Jumiatmoko. (2016). WhatsApp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika. Vol 3 (1). 52-66
Levy, Pierre. 2011. New Media Teori dan Aplikasi, Jakarta: Elangga.
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna . Jakarta:Prenada Media Group.
McQuali, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuali Edisi 6 Buku 1 Selemba Humanika: Jakarta
Miftah Thoha. (2005). Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasi. Jakarta:
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mariana, Made Alit 2019. Pengantar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Bali.
Moleong, J.L. 2017. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nurudin. 2016.
Narwoko, J. Dwi dan Suyanto, Bagong (editor). 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan edisi ketiga. Jakarta : Prenada Media Group
Notoatmodjo Soekidjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010. 2.Notoatmodjo.(2014). Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta
Syaibani, Yunus Ahmd, dkk. 2011. New Media Teori dan Aplikasi. Karanganyar : Lindu Pustaka
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung:ALFABETA,2016),
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta.
Jurnal/Skripsi
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education And Literature.Vol.3(1).99-110.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group dan Webinar Zoom dalam
Miladiyah, Andi. (2017). Pemanfaatan WhatsApp Messenger Info dalam Pembelajaran Informasi dan Peningkatan Kinerja pada Sub Bagian Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. TESIS program pascasarjana Ilmu Komunikasi.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01)
Pane & Dasopang. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol.3(2). 333-352.
Suryadi, dkk.2018. Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.7 (1). 1-22.
Supandi, Dinamikan Sosii-kultul Kagamaan Masyarakat Madura (Kiprah dan Ekstensi khodam dalam pesantren Madura. “ Jurnal penelitian dan pemikiran keislaman 4.1 (2017:26-42)
Sumber lain:
httpsss://www.pendidik.co.id/pendidikandasar/d tentang pendidikan nasiaonal diakses pada tanggal 27 desember 2021).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.