Strategi Public Relations dalam Membangun Citra Pemerintah

Studi Kasus BAPPEDALITBANG Kabupaten Banyumas

Authors

  • Aufa Amalia Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Yusuf Heriyanto Informatika, Fakultas Dakwah, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2272

Keywords:

Public Relations, Citra Pemerintah, Transparansi, Akuntabilitas, Strategi Komunikasi, BAPPEDALITBANG, Banyumas

Abstract

Public Relations (PR) memiliki peran krusial dalam lembaga pemerintahan, terutama dalam menentukan kelayakan informasi yang disampaikan kepada publik serta membangun citra positif pemerintahan. PR tidak hanya bertanggung jawab atas transparansi dan akuntabilitas, tetapi juga berperan dalam memperkuat komunikasi internal dan eksternal. Penelitian ini berfokus pada strategi PR yang diterapkan oleh BAPPEDALITBANG Kabupaten Banyumas dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan dan program pemerintah daerah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode wawancara mendalam dan tselaah literatur. Analisis dilakukan berdasarkan konsep strategi PR yang terdiri dari publications (publikasi dan dokumentasi), events (acara), dan news (pesan/berita), serta menggunakan Teori Citra (Image Theory) oleh Frank Jefkins, yang menekankan pentingnya membangun kesan dan impresi yang sesuai dengan realitas, Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PR yang diterapkan oleh BAPPEDALITBANG telah berjalan dengan baik, terutama dalam meningkatkan transparansi informasi dan keterlibatan masyarakat. Namun, tingkat efektivitas dari setiap strategi bervariasi, dengan beberapa kegiatan yang membutuhkan optimalisasi lebih lanjut agar dampaknya lebih signifikan. Dengan demikian, peran PR dalam lembaga pemerintah tidak hanya berfokus pada penyebaran informasi, tetapi juga pada pembentukan citra yang kredibel dan berkelanjutan, guna meningkatkan hubungan yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat.

References

Amanda, A. (2020). Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. ADVIS (Journal of Advertising), 1(1).

Ardianto (2009). Teori don Praktek Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya Lattimore. 2010. Public Relation Profesi & Praktek. Selemba Humanika.

Herlina, Sisilia. "Strategi komunikasi humas dalam membentuk citra pemerintahan di kota malang." Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP) 4.3 (2015).

Kholisoh, Nur dan Yenita (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta). Jurnal IlmuKomunikasi, Vol. 13, No. 3.

Mandala, A. (2024, July). Peranan Media Sosial dalam Membangun Citra Positif Lembaga Pemerintah.In Prosiding Seminar Nasional Komunikasi (SENAKOM) (Vol.1,No. 1).

Moleong, Lexy J. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT.BPK Gunung Mulia

Supada, W. (2020). Peran public relations dalam membangun pencitraan positif organisasi. Communicare, 1(1),92-100.

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relatoins & Media. Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Nanda Karunia Isa, & Wijaya, L. S. (2024). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Kota Surakarta Melalui Media Relations. Journal Media Public Relations, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1765 Soleh Soemirat & Elvinaro Ardianto, (2010). Dasar-dasar Public relations, Bandung: remaja Rosdakarya

Septiyani, D. A. . (2024). Evolusi Public Relation Di Era Digital: Strategi Untuk Membangun Reputasi Di Dunia Maya. Journal Media Public Relations, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1596

Nugroho, K. (2017). Aplikasi Izin Penelitian Berbasis Web di BAPPEDALITBANG Kabupaten Banyumas.

Sari, R. P. M. (2020). Strategi Public Relations Dalam Upaya Membangun Citra Pt. Prudential Life Assurance. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 159-166.

Published

2025-06-11

How to Cite

Amalia, A., & Heriyanto, Y. (2025). Strategi Public Relations dalam Membangun Citra Pemerintah: Studi Kasus BAPPEDALITBANG Kabupaten Banyumas. Journal Media Public Relations, 5(1), 163–171. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2272

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.