STRATEGI PROMOSI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM
(STUDI KASUS SMK N 2 SALATIGA)
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2406Keywords:
Strategi promosi, Public relations, Brand awarenessAbstract
Media sosial kini menjadi sarana promosi bagi organisasi atau perusahaan. Salah satu platform yang digunakan adalah instagram. Seperti halnya dengan SMK N 2 Salatiga yang menjadikannya sebagai strategi promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa mengenai pemanfaatan media sosial (instagram) sebagai strategi promosi public relations dalam membangun brand awareness SMK Negeri 2 Salatiga. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori marketing public relations yang berfokus pada push,pull, dan pass strategy. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada penelitian ini Uji validitas yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMK N 2 Salatiga menerapkan strategi promosi public relations melalui fitur-fitur Instagram. Pull strategy dilakukan dengan membuat konten feed, reels, instastory, serta berinteraksi lewat kolom komentar. Push strategy dilakukan melalui kolaborasi dengan perusahaan terkait untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Selain itu, mereka juga mengikuti berbagai event dan membuat konten tentang kegiatan tersebut sebagai bentuk pass strategy. Strategi ini berhasil membawa brand awareness SMK N 2 Salatiga ke tingkat brand recognition.
References
Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern (M. Ardatia (ed.)). Bening media. www.bening-mediapublishing.com
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); 1st ed.). syakir Media Press.
Andata, C. P., & Iflah, I. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness “Somethinc” Pada Pengguna Instagram Di JABODETABEK. Jurnal Komunikasi, 13(2), 84–92. https://doi.org/10.31294/jkom.v13i2.13261
Andriani, D. F., Widhya Utami, C., & Gosal, G. G. (2021). Pengaruh Media Ssosial dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Djovalyn. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 1–12.
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu. Kinesik, 9(2), 176–182. https://doi.org/10.22487/ejk.v9i2.327
Armayani, R. R., Chintiya Tambunan, L., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928.
Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466–477. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479
Biantoro, K. A., Sinatra, L., & Nicholas Huwae, G. (2023). Strategi Komunikasi Marketing Public Relations Ohs (Oh Semmy) Make-Up Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Social Media. PRecious: Public Relations Journal, 2(2). https://doi.org/10.24246/precious.v2i2.7606
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (L. Jewell (ed.); 9th ed.). Pearson.
Damayanti, D. A., Pasaribu, M., & Priyadi, C. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran di SMK Grafika Yayasan Lektur. Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies, 2(1), 20–33.
Doahir, A., Rijal, S., & Salam, M. F. (2024). PENGARUH KONTEN VISUAL , KOMUNIKASI , DAN KOLABORASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENINGKATAN MINAT BERKUNJUNG. Jurnal Bisnis Net, 7(2), 529–541.
Feryanda, J. O., & Wijaya, L. S. (2024). Strategi Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness Pada PT. Finfolk Media Nusantara. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 76–86. https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i1.3482
Kartini, Syahrina, J., Siregar, N., & Harahap, N. (2022). Penelitian Tentang Instagram. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2275, 20–26. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4466
KompasTV. (2023). Belum Penuhi Kuota, SMK Negeri 1 Kota Gorontalo Kembali Buka Pendaftaran Calon Siswa Baru. KompasTv. https://www.kompas.tv/regional/422750/belum-penuhi-kuota-smk-negeri-1-kota-gorontalo-kembali-buka-pendaftaran-calon-siswa-baru
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.
Meilani, M., Septianah, N., Septiani, S., & Kurniasari, N. G. A. K. (2024). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Brand Awareness Produk “ Broodis ” Di Social Media Instagram. JURNAL PUBLIC RELATIONS-JPR, 5(April), 32–40.
Milke, & Vanel, Z. (2024). Strategi IMC Sekolah Alam Tondo Lino Untuk Membangun Brand Awareness. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 44–65.
Morissan, M. . (2008). Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional (Pertama). Kencana.
Nadira Elfandari, R., & Nuraryo, I. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Wisata Banten. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 3(2), 17–24. https://doi.org/10.33830/ikomik.v3i2.5757
Oktarisa, C. T. (2023). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(02), 146–154. https://doi.org/10.62668/jimr.v2i02.841
Pasaribu, R., & Silalahi, A. (2020). Analysis of the Impact of Social Media Marketing Activities in Brand Loyalty With Brand Awareness As Intermediate Variables (Study on Traveloka Brand). Visi Sosial Humaniora, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.51622/vsh.v1i1.26
Permendikbud No.14 Tahun 2018. (2018). Permendikbud No.14 Tahun 2018. Journal of Chemical Information, 53(9), 1689–1699. https://peraturan.bpk.go.id/Details/138190/permendikbud-no-14-tahun-2018
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Studi Manajemem Dan Bisnis, 6(2), 78–83. https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/download/6690/4209
Rusaidah. (2023). Hanya 83 Siswa Minat ke Jenjang SMK, Cabdin Survei Peminatan Pelajar di SMP Membalong. PosBelitung. https://belitung.tribunnews.com/2023/03/24/hanya-83-siswa-minat-ke-jenjang-smk-cabdin-survei-peminatan-pelajar-di-smp-membalong#google_vignette
Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi (Revisi-11). Rajawali Pers.
Saputri, S. A. S., Kusumaningrum, H., & Munawwaroh, Z. (2023). Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan School Branding. Educational Journal of Bhayangkara, 3(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/edukarya.v3i1.2375
Sentosa, I., & Vanel, Z. (2024). Strategi marketing public relations Sabandina Koffie untuk membangun brand recognition. Journal Media Public Relations, 4(2), 10–21.
Setyawan, I., Putra Ananda, D., Umam, A. H., Studi, P., Komunikasi, I., Manajemen, F., & Kepemimpinan, D. (2024). Pemanfaatan dan Strategi Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awerness. Jurnal Ilmiah Kajian Komunikasi, 3(1), 57–79. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sintesa
Siallagan, N. D., & Abidin, S. (2018). FENOMENA KONTEN REPOST SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA INSTAGRAM @ PSTORE _ BATAM. 177–184.
Sitinjak, P. P. (2022). Pemanfaatan Konten Instagram Dan Social Media Influencer Dalam Meningkatkan Brand Awareness Saint Mary’S College Jakarta. Jurnal Visi Komunikasi, 20(02), 284. https://doi.org/10.22441/visikom.v20i02.14517
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.
Suhaimi, S., Evadianti, Y., & Yudistiro, I. R. (2023). Instagram sebagai new media untuk membangun personal branding (Studi deskriptif pada akun Instagram @fiersabesari). Journal Media Public Relations, 3(1), 53–63.
Sutariningsih, N. M. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2021). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2), 145. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i02.p03
Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). The Effect Of Social Media Marketing On Brand Awareness Of Lingua Franca Edutama Course And Training Institute Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Lingua Franca Edutama. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2824–2833. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Tampan, F. (2023). SMK Makin Sepi Peminat, Pengamat: Sekolah Harus Bisa Meyakinkan Soal Peluang Kerja. RilisID. https://lampung.rilis.id/Ragam/Berita/SMK-Makin-Sepi-Peminat-Pengamat-Sekolah-Harus-Bisa-Meyakinkan-Soal-Peluang-Kerja-6LQw2kS
Tulasi, D. (2012). Marketing Communication dan Brand Awareness. Humaniora, 3(1), 215. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3253
TVTRC. (2022). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). https://pui-tvetrc.upi.edu/2022/02/01/persepsi-masyarakat-terhadap-sekolah-menengah-kejuruan-smk/
Wasil, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Percieved Quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137. https://doi.org/10.29264/jfor.v19i2.2120
Widiyati, E. N., & Prihantoro, E. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Smk Teratai Putih Global 3 Bekasi Melalui Media Sosial Instagram Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(01). https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i01.530
Wiraditi, R. B., & Sudibyo, A. G. (2020). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image PT. Brodo Ganesha Indonesia. Inter Script: Journal of Creative Communication |, 2(1), 51–72. www.bro.do
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Media Public Relations

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.