STRATEGI PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI LAMPUNG RUWA JURAI

Authors

  • Suhaimi Universitas Tulang Bawang
  • Desi Rahmadani Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v1i2.519

Keywords:

Strategi, Public Relations, Minat

Abstract

Museum pada kenyataannya belum dijadikan suatu alternatif utama bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu sekaligus berwisata dan menambah ilmu. Selain itu tingkat aspirasi masyarakat terhadap dunia sejarah dan kebudayaan, khususnya museum juga masih sangat rendah. Padahal museum memiliki potensi yang besar sebagai alternatif utama bagi masyarakat, dikarenakan museum adalah tempat informasi, budaya, dan pendidikan untuk masyarakat. Oleh karena itu, Public Relations untuk menjembatani atau membangun hubungan komunikasi dengan masyarakat luar sebagai publiknya yang pada akhirnya dapat menentukan sukses atau tidaknya tujuan dan citra yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Penelitian dengan judul “Strategi Public Relations Untuk Meningkatkan Minat Pengunjung Museum Negeri Lampung “Ruwa Juraiâ€. Adapun permasalahannya adalah bagaimana strategi Public Relations untuk meningkatkan minat pengunjung Museum Negeri Lampung “Ruwa Juraiâ€. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Public Relations untuk meningkatkan minat pengunjung Museum Negeri Lampung “Ruwa Juraiâ€. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif yang bersifat Deskriptif. Pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Public Relations Museum Negeri Lampung “Ruwa Jurai†dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan publikasi, mengadakan pameran museum, meningkatkan kerjasama, memperbaiki sarana dan prasarana, serta membangun citra positif dikalangan masyarakat.

Published

2021-12-20

How to Cite

Suhaimi, & Rahmadani, D. . (2021). STRATEGI PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI LAMPUNG RUWA JURAI. Journal Media Public Relations, 1(2), 56–68. https://doi.org/10.37090/jmp.v1i2.519

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.