ADAPTASI INOVASI DAN PERFORMA AKUN TIKTOK “KAMPUNG TANI CIBEUREUM” DALAM MEMBANGUN KESADARAN PRODUK PERTANIAN
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1839Keywords:
TikTok, pertanian digital, kesadaran produk, pemasaran media sosial, Kampung Tani CibeureumAbstract
Penelitian ini menganalisis performa akun TikTok "Kampung Tani Cibeureum" dalam meningkatkan kesadaran terhadap produk pertanian Kampung Cibeureum. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan eksperimental, penelitian ini melibatkan pelatihan kepada para petani, baik petani senior maupun petani muda (Gen Z), dalam pembuatan konten video di platform TikTok. Data yang digunakan diperoleh dari analisis lima konten unggulan akun TikTok "Kampung Tani Cibeureum" selama periode 24 Juni hingga 22 Agustus, mencakup metrik seperti jumlah penonton, pemirsa baru, sumber lalu lintas, dan insight audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dominasi sumber lalu lintas berasal dari pencarian sebesar 79,7%, yang menunjukkan relevansi konten dengan kata kunci yang dicari pengguna. Selain itu, 89% audiens terdiri dari pria, menunjukkan perlunya strategi konten yang lebih inklusif untuk menarik penonton wanita. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan TikTok oleh petani Kampung Tani Cibeureum efektif dalam menarik perhatian audiens baru, namun memerlukan strategi retensi yang lebih baik untuk membangun audiens yang loyal. Penelitian ini juga menekankan pentingnya optimasi kata kunci dan pelatihan berkelanjutan bagi petani untuk memaksimalkan potensi platform media sosial.
References
Haryanto, D., & Wulandari, T. (2023). Empowering Farmers through Social Media: A Case Study in Rural Indonesia. Journal of Rural Development, 34(1), 112-129.
Hidayatullah, M. (2020). Generasi Z sebagai Agen Perubahan dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa, Journal of Social Innovation, 5(1), 15-23.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social
media. Business Horizons, 53(1), 59-68.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9 (5), 1-6.
Putra, B. K., & Sari, N. (2020). Tantangan dan Peluang Pemasaran Produk Pertanian di Daerah Pedesaan. Jurnal Agribisnis, 14(1), 45-56.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press.
Sari, Y., Suwandi, S., & Anwar, M. (2019). The Role of Traditional Marketing in the Economic Life of Farmers in Rural Indonesia. Journal of Agrarian Studies, 19(3), 98-115.
Setiawan, H. (2021). Digital natives in Indonesia: The impact of technology on generations Y and Z. Journal of Communication and Technology, 17(2), 78-89.
Smith, A., & Fischer, E. (2021). TikTok as a marketing tool: Understanding the dynamics of short-form video content. Journal of Interactive Marketing, 54, 78-91.
Susanti, R., & Nugroho, A. (2020). Social media as a marketing tool for smallholder farmers: Case study in Indonesia. International Journal of Agricultural Marketing, 8(4), 142-154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.