PENGARUH INTERPERSONAL SKILL PADA SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ERIGO

Authors

  • Rifqi Agianto STEMBI Bandung Business School
  • Anggi Setiawati Program Studi Manajemen, STIE STEMBI Bandung
  • Ricky Firmansyah Universitas ARS

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.543

Keywords:

Interpersonal skill, purchase decision, social media marketing

Abstract

Interpersonal skill merupakan suatu kemampuan komunikasi yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha untuk membantu melancarkan bisnis yang sedang dijalankan baik dalam meningkatkan penjualan, menarik perhatian konsumen dan memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Penerapan interpersonal skill pada social media marketing yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis salah satunya yaitu Erigo. Erigo merupakan salah satu brand fashion di Indonesia yang didirikan oleh Muhammad Saddad sejak tahun 2013 hingga saat ini terus populer di kalangan remaja hingga dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh Interpersonal terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Erigo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey berupa pengisian kuesioner dengan menekankan karakteristik dan kriteria responden. Teknik pengambilan sampling dilakukan dengan cara purposive sampling dengan sample sebanyak 100 responden yang memiliki kriteria pernah membeli produk Erigo dan mengikuti akun instagram Erigo. Data kuesioner yang telah didapat selanjutnya diolah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Analisis data yang digunakan yaitu regrasi linear sederhana uji-t dan hasil uji koefisien determinasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang cukup besar dan signifikan sebesar 67,6% antara interpersonal skill pada media sosial marketing Istagram dengan keputusan pembelian produk Erigo dan sisanya sebesar 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Published

2022-06-25

How to Cite

Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2022). PENGARUH INTERPERSONAL SKILL PADA SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ERIGO. Journal Media Public Relations, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.543

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.