STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BRAND PAKALOLO
Studi pada PT. Mitra Prima Cahaya Sentosa cabang Lampung
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1355Keywords:
Strategi, Komunikasi Pemasaran, Peningkatan PenjualanAbstract
Mitra Prima Cahaya Sentosa merupakan perusahaan retail yang menjual sepatu dan sandal Brand Pakalolo, Brand ini telah dikenal dan memiliki konsumen setia dengan penjualan yang stabil. Wabah pandemi covid-19 ternyata berdampak pada menurunnya pejualan. Untuk meningkatkan kembali penjualan, maka perusahaan menerapkan langkah-langkah baru dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT. Mitra Prima Cahaya Sentosa melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan key informan 6 orang, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Mitra Prima Cahaya Sentosa telah menerapkan strategi komunikasi pemasaran sesuai dengan langkah-langkah yang dirancang untuk memperkuat promosi dengan membuat poster, menggunakan Brand Ambassador, dan memberikan potongan harga serta melatih tenaga penjual untuk lebih intens dalam melakukan penjualan produk. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsumen masih kesulitan untuk menyampaikan keluhan seputar produk dan layanan, sehingga perusahaan perlu menyediakan fasilitas media untuk melayani keluhan atau komplain dari konsumen.
References
Buku
Canggara, Hafied, 2014, Perencanaan dan strategi komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya.
David, F.R, 2011, Strategic Management. Jakarta, Salemba Empat
Husein, U, 2015, Strategi
Management In action, Jakarta, Gramedia Utama.
Kotler, P, 2012, Marketing Management, Jakarta, Indeks Kelompok Gramedia.
Maulana, A, 2015, Management Pemasaran, Jakarta, Erlangga.
Moloeng Lexy, 2018, Metode Penelitian kualitatif, Bandung, Rosdakarya.
Morisson, 2010, Teori Komunikasi masaa, Bogor, Ghalia Indonesia.
Mulyana, D, 2014, Ilmu Komunikasi suatu pengantar, Bandung, PT. Remaja Rosdakaraya.
Sindoro, A, 2008, Dasar- dasar pemasaran, Jakarta, Indeks
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.
Soemanagara, 2026, Strategic Marketing Communication, Bandung, Alfabeta.
Skripsi
Khasanah, I. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Lasagna Larise Dalam Meningkatkan Penjualan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya , 50-51.
Rismayanti, P. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Promosi Pada Akun Iinstagram @Kedai-Digital). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta , 48-49.
Septiawan, A. R. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Buku Dalam Meningkatkan Penjualan Meelalui Media Sosial Instagram (Studi Pada Founder @Tausiahku). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora UIN Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta , 40-46.
Sumber lain
http://digilib.uinsby.ac.id/44791/2/Masfufah%20Choirunnisa B76216099.pdf
(diakses pada tanggal 30 September 2022)
(diakses pada tanggal 13 Oktober 2022)
https://katadata.co.id/safrezi/berita/61de8d9d4a987/komunikasi-adalah-definisi-unsur-dan-tujuannya
(diakses pada tanggal 15 Desember 2022)
https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kerangka-pemikiran/.com
(diakses pada tanggal 24 Desember 2022)
Recap laporan accounting PT. Mitra Prima Cahaya Sentosa tahun 2019, 2020,2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.