PERAN TIKTOK DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI KALANGAN MILENIAL DAN GEN Z
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1594Keywords:
Tiktok, Brand Awareness, Milenial, Gen ZAbstract
Penelitian ini menginvestigasi peran TikTok dalam meningkatkan brand awareness di kalangan milenial dan Gen Z, fokus pada strategi pemasaran yang digunakan dan dampaknya terhadap persepsi dan ingatan konsumen. Metode campuran digunakan, menggabungkan survei kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa TikTok efektif dalam meningkatkan brand awareness melalui konten kreatif, tantangan hashtag, kolaborasi dengan influencer, dan iklan berbayar. Peningkatan keterlibatan pengguna, jumlah pengikut, viralitas konten, dan interaksi dengan konten merek menjadi indikator utama dampak TikTok terhadap brand awareness. Meskipun ada tantangan seperti kebutuhan akan kreativitas dan pemahaman terhadap algoritma, penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok adalah alat yang berharga dalam pemasaran digital, memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka dan membangun brand awareness yang kuat di kalangan milenial dan Gen Z.
References
Asiska, N. U. (2023). A N Alisis Citra Diri Mahasiswi Komu N Ikasi Da N Pe N Yiara N Islam Ui N Ar-Ra N Iry Pada Pe N Ggu N Aa N.
Azzahra Syafiera Puteri. (2022). Self Disclosure Generasi Z Melalui Tik Tok (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Uin Syarif Hidayatullah Jakarta) Skripsi. In Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Issue 8.5.2017). Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Autism-Spectrum-Disorders
Chandra, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Content Creator Rian Fahardi (Presiden Gen Z) Dalam Membahas Isu-Isu Politik Di Sosial Media Tiktok. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/73959%0ahttps://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/73959/1/Musa Adhe Chandra-Fdk.Pdf
Dianti, Y. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Media Partner Aliansigigsindonesia Dalam Penyebaran Berita Konser Di Jakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/5510/5/Bab 2.Pdf
Gautama, V. A. (2022). 2394 | User Generated Content Pada Tiktok Dan Penggunaannya Di Kalangan Muda (Vivin Arbianti Gautama) User Generated Content Pada Tiktok Dan Penggunaannya Di Kalangan Muda. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (Jisip), 6(4), 2598–9944. Https://Doi.Org/10.36312/Jisip.V6i4.3749/Http
Khoirunisa, Z. Z. S. C. (2022). Dakwah Di Media Sosial Melalui Akun Tiktok@ Syam_Elmarusy. Http://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/Id/Eprint/14525%0ahttp://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/14525/2/Zsazsa Syaharani_Dakwah Di Media Sosial Melalui Akun Tiktok %40syam_Elmarusy.Pdf
Manurung, J., Anom, E., & Iswadi. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment. Technomedia Journal, 8(2), 248–260. Https://Doi.Org/10.33050/Tmj.V8i2.2086
Purwaningtyas, F., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Penggunaan Hastag #Samasamabelajar Melalui Media Tiktok Terhadap Kebutuhan Informasi Generasi Z. Xx, 1–19. Https://Doi.Org/10.32505/Tarbawi.Penggunaan
Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Sitanggang, D. A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). The Role Of Social Media As A Platform For E-Commerce. Vaasan Ammattikorkeakoulu University Of Applied Sciences, 4(1), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.