PERAN TIKTOK DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI KALANGAN MILENIAL DAN GEN Z

Authors

  • Muhammad Fikri Akbar Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Henny Dewi Laras Ati Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Ardian Sukarson Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1594

Keywords:

Tiktok, Brand Awareness, Milenial, Gen Z

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi peran TikTok dalam meningkatkan brand awareness di kalangan milenial dan Gen Z, fokus pada strategi pemasaran yang digunakan dan dampaknya terhadap persepsi dan ingatan konsumen. Metode campuran digunakan, menggabungkan survei kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa TikTok efektif dalam meningkatkan brand awareness melalui konten kreatif, tantangan hashtag, kolaborasi dengan influencer, dan iklan berbayar. Peningkatan keterlibatan pengguna, jumlah pengikut, viralitas konten, dan interaksi dengan konten merek menjadi indikator utama dampak TikTok terhadap brand awareness. Meskipun ada tantangan seperti kebutuhan akan kreativitas dan pemahaman terhadap algoritma, penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok adalah alat yang berharga dalam pemasaran digital, memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka dan membangun brand awareness yang kuat di kalangan milenial dan Gen Z.

References

Asiska, N. U. (2023). A N Alisis Citra Diri Mahasiswi Komu N Ikasi Da N Pe N Yiara N Islam Ui N Ar-Ra N Iry Pada Pe N Ggu N Aa N.

Azzahra Syafiera Puteri. (2022). Self Disclosure Generasi Z Melalui Tik Tok (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Uin Syarif Hidayatullah Jakarta) Skripsi. In Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Issue 8.5.2017). Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Autism-Spectrum-Disorders

Chandra, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Content Creator Rian Fahardi (Presiden Gen Z) Dalam Membahas Isu-Isu Politik Di Sosial Media Tiktok. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/73959%0ahttps://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/73959/1/Musa Adhe Chandra-Fdk.Pdf

Dianti, Y. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Media Partner Aliansigigsindonesia Dalam Penyebaran Berita Konser Di Jakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/5510/5/Bab 2.Pdf

Gautama, V. A. (2022). 2394 | User Generated Content Pada Tiktok Dan Penggunaannya Di Kalangan Muda (Vivin Arbianti Gautama) User Generated Content Pada Tiktok Dan Penggunaannya Di Kalangan Muda. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (Jisip), 6(4), 2598–9944. Https://Doi.Org/10.36312/Jisip.V6i4.3749/Http

Khoirunisa, Z. Z. S. C. (2022). Dakwah Di Media Sosial Melalui Akun Tiktok@ Syam_Elmarusy. Http://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/Id/Eprint/14525%0ahttp://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/14525/2/Zsazsa Syaharani_Dakwah Di Media Sosial Melalui Akun Tiktok %40syam_Elmarusy.Pdf

Manurung, J., Anom, E., & Iswadi. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment. Technomedia Journal, 8(2), 248–260. Https://Doi.Org/10.33050/Tmj.V8i2.2086

Purwaningtyas, F., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Penggunaan Hastag #Samasamabelajar Melalui Media Tiktok Terhadap Kebutuhan Informasi Generasi Z. Xx, 1–19. Https://Doi.Org/10.32505/Tarbawi.Penggunaan

Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Sitanggang, D. A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). The Role Of Social Media As A Platform For E-Commerce. Vaasan Ammattikorkeakoulu University Of Applied Sciences, 4(1), 1–7.

Published

2024-06-29

How to Cite

Akbar, M. F., Ati, H. D. L., & Sukarson, A. (2024). PERAN TIKTOK DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI KALANGAN MILENIAL DAN GEN Z. Journal Media Public Relations, 4(1), 52–57. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1594

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.