Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tourguide Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1637Keywords:
Komunikasi Interpersonal, kepuasan pengunjung, tourguideAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak komunikasi interpersonal tourguide pada kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah serta mengamati partisipasi pengunjung dalam interaksi mereka dengan tourguide. Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa ada keterkaitan yang signifikan antara komunikasi interpersonal tourguide dengan tingkat kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini mencapai 267.952 ribu dan sampel yang diambil berjumlah 100 responden, dihitung menggunakan rumus slovin. Accidental sampling adalah teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah. Hasil penelitian memperlihatkan nilai uji korelasi Pearson sebesar 0,770 dengan tingkat signifikansi 0,001. Hasil ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal tourguide berhubungan positif dengan kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah. Dari analisis regresi linear sederhana, ditemukan bahwa nilai signifikansi adalah 0,001, sehingga hipotesis Ha dapat diterima, yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal tourguide dengan tingkat kepuasan pengunjung. Berdasarkan temuan ini, semakin efektif komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh tourguide, semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah, semakin besar kemungkinan pengunjung untuk merasa puas dengan kunjungan mereka.
References
Adianti, R. (2021). Pengaruh Intensitas Komunikasi Pramuwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Kota Batam. Universitas Putera Batam.
Anggoro, damas aryo, & Baskoro, dimas aryo. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Global Research on Tourism Development and Advancement, 4.
Atiek Ishlahiyah Al Hamasy. (2024). Kunjungan Turis Asing Naik, Sektor Pariwisata Jakarta Diprediksi Tetap Kuat. Kompas ID. https://www.kompas.id/baca/metro/2024/01/03/wisataat
Expert Survey: Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tumbuh pada 2024. (2023). Kemenparekraf. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/expert-survey-sektor-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-tumbuh-pada-2024
Finasari, F., & Surikno, H. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpesonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Geringging). Jurnal Kajian Keislaman, 11.
Intang, A. (2023). Pengaruh Fitur, Brand Image, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Cilincing. STIE Indonesia Jakarta.
Manparekraf Sandiaga Uno Support Kembangkan Potensi Pariwisata Berbasis Budaya di OKI. (2021). Explore Your South Sumatra. https://giwang.sumselprov.go.id/news/detail/manparekraf-sandiaga-uno-support-kembangkan-potensi-pariwisata-berbasis-budaya-di-oki-77#
Ngoc, M. (2023). Pemulihan yang Kuat dari Pariwisata Thailand. Radio Suara Vietnam. https://vovworld.vn/id-ID/rumah-asean/pemulihan-yang-kuat-dari-pariwisata-thailand-1240765.vov
Palupi Muslikhah, F., Ernawati, E., & Rizal, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tour Guide Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Curug Cikuluwung. Jurnal Kajian Islam Modern, 8(02), 21–34. https://doi.org/10.56406/jkim.v8i02.114
Ramadhan, I., & Anggraini, R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Peserta Kegiatan Pengenalan Destinasi Wisata Disparekraf DKI Jakarta. Open Journal Systems, 18.
Saputri, audiyah sahara. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Pengelola Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Di Kabupaten Indragiri Hulu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Wujayanti, winda yunda, Irawan, pristanto ria, & Saputro, A. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kerjasama Team Pada PT. Teguh Anugrah Rejeki Bekasi. Journal Of Social Science Research, 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.