UNIQLO SUSTAINIBILITY DALAM TEORI PERUBAHAN SIKAP MCGUIRE
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1859Keywords:
uniqlo, McGuire's Theory, Marketing Communication, Consumer BehaviorAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas kampanye keberlanjutan Uniqlo dengan menggunakan Teori Perubahan Sikap McGuire sebagai kerangka analisis. Dengan mengikuti enam Langkah. Presentasi, Perhatian, Pemahaman, Penerimaan, Retensi, dan Perilaku Uniqlo berhasil menyampaikan pesan keberlanjutan yang kuat kepada konsumen. Melalui presentasi yang menarik, termasuk iklan dan konten visual yang edukatif, Uniqlo menarik perhatian konsumen terhadap inisiatif keberlanjutan mereka. Pemahaman konsumen diperkuat melalui informasi yang jelas tentang proses produksi dan manfaat lingkungan. Dengan menunjukkan dampak positif bagi konsumen, Uniqlo mendorong penerimaan yang lebih besar terhadap nilai-nilai keberlanjutan. Upaya untuk mempertahankan sikap positif ini dilakukan melalui program loyalitas dan kemudahan dalam berpartisipasi dalam daur ulang. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan strategis yang terintegrasi tidak hanya dapat mengubah sikap konsumen, tetapi juga mendorong tindakan nyata yang berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.
References
Ananta, B. B. D. (2024, October 22). Gen Z Dan Milenial: Arsitek Masa Depan Ekonomi Global. Kompasiana.Com. Https://Www.Kompasiana.Com/Bernadusbintangdimasananta6847/6716a755c925c43f2c1f9722/Gen-Z-Dan-Milenial-Arsitek-Masa-Depan-Ekonomi-Global
Christopherus, Y., & Wadrianto, G. (2022, November 17). Demi Lingkungan, Uniqlo Terus Dukung Sustainable Fashion. Https://Lifestyle.Kompas.Com/Read/2022/11/17/165621520/Demi-Lingkungan-Uniqlo-Terus-Dukung-Sustainable-Fashion
Dirgantari, A. S., Ansar, Rustandi, E., & Lestaluhu, S. A. (2024). BUKU REFERENSI DASAR-DASAR KOMUNIKASI PENGANTAR KOMPREHENSIF UNTUK PEMAHAMAN PROSES KOMUNIKASI (A. P. Hawari, Ed.). PT Media Penerbit Indonesia. Http://Repository.Mediapenerbitindonesia.Com/232/1/K%20203%20-%20Dasar-Dasar%20Komunikasi.Pdf
Haq, F. N. (2024, March 4). Konsumen Zaman Now Lebih Jeli Belanja Produk Ramah Lingkungan. Mediahijau.Com. Https://Www.Mediahijau.Com/Read/Konsumen-Zaman-Now-Lebih-Jeli-Belanja-Produk-Ramah-Lingkungan/411
Hymann, Y. (2023, April 19). How Ethical Is Uniqlo? Goodonyou. Https://Goodonyou.Eco/How-Ethical-Is-Uniqlo/
Ikhsan, M., & Syam, H. (2018). KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN TARUNA SMKN PENERBANGAN ACEH PERSUASIVE COMMUNICATION IN THE CHARACTERIZATION OF CADETS AT STATE AVIATION VOCATIONAL HIGH SCHOOL OF ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(2). Https://Jim.Usk.Ac.Id/FISIP/Article/Download/7059/3450
Larson, C. U. (1986). Persuasion: Reception And Responsibility. Wadsworth.
Lingga, E. B. (2017). POLICE IN PERSUASIVE COMMUNICATION STRATEGIES INCREASE THE PARTISPASI SOCIETY AT THE SAFE HOUSE PROGRAM IN DISTRICT SUKAJADI PEKANBARU. Jom FISIP, 4(1), 1–15. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/206074-None.Pdf
Mcguire, W. J. (1968). Inducing Resistance To Persuasion: Some Contemporary Approaches. Academicpressinc, 1(1), 191–229. Http://Ereserve.Library.Utah.Edu/Annual/COMM/7560/Sun/Mcguire.Pdf
Natsir, M., Rasul, N. M., & Khair, A. U. (2022). ANALISIS PENGARUH UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI TERHADAP BRAND AWARENESS PADA MEDIAMARKETINGYOUTUBE. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 1315–1335. Https://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/Download/2126/1092/
Paramitha, D. D. (2023, November 9). Induk Usaha Uniqlo Targetkan Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca 90 Persen Pada 2030. Tempo.Co. Https://Bisnis.Tempo.Co/Read/1794840/Induk-Usaha-Uniqlo-Targetkan-Pengurangan-Emisi-Gas-Rumah-Kaca-90-Persen-Pada-2030
Saleh, M., & Kamaruzzaman. (2022). SENDER AND TRUST; SUATU KAJIAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PANDANGAN AL-QURAN. Jurnal Network Media, 5(1), 56–77. Https://Jurnal.Dharmawangsa.Ac.Id/Index.Php/Junetmedia/Article/View/1829
Sukaesih, A., Yantos, Kodarni, & Susanty, F. D. (2023). PENDAMPINGAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYULUHAN ANTI NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR SMA NEGERI 6 PEKANBARU. Jurmas Azam Insan Cendikia, 2(3), 102–109. Https://Embistek.Org/Jurnal/Index.Php/Aic/Article/View/70
Uniqlo. (N.D.). The Power Of Clothing. Retrieved October 24, 2024, From Https://Www.Uniqlo.Com/Jp/En/Contents/Sustainability/
Yuliarti, D. A., Hermansyah, T., & Fatkhurokhmah, F. (2022). POLA KOMUNIKASI PERSUASIF PEMROSESAN INFORMASI DALAM FENOMENA AKTIVITAS DAKWAH KOMUNITAS TERANG JAKARTA. VIRTU: JURNAL KAJIAN KOMUNIKASI, BUDAYA DAN ISLAM, 2(1), 47–67. Https://Doi.Org/10.15408/Virtu.Vxxx.Xxxxx
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.