STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INEWS TV DALAM IMPLEMENTASI SPONSORSHIP PADA PROGRAM CAHAYA HATI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2551Keywords:
komunikasi, sponsorship, stasiun televisi, strategi komunikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan bentuk kerja sama yang digunakan oleh iNews TV dalam implementasi sponsorship brand kopi instan pada program Cahaya Hati Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan tim internal iNews, dokumentasi lapangan, serta studi literatur. Data dianalisis menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yang terdiri dari enam elemen: direct marketing, sales promotion, public relation, personal selling, advertising, dan interactive/internet marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iNews secara strategi memadukan keenam elemen IMC untuk mengoptimalkan eksistensi dan eksposur brand kopi instan dalam program Cahaya Hati Indonesia. Implementasi sponsorship tidak hanya bersifat komersial, tetapi juga mempertimbangkan kesesuaian nilai antara brand dan program, serta menjalin hubungan yang saling menguntungkan antara media penyiaran dan pihak sponsor.
References
Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi Di Era Internet. ProTVF, 2(1), 101. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19880
Candra, M. A. A., & Wulandari, I. A. (2021). SISTEM INFORMASI BERPRESTASI BERBASIS WEB PADA SMP NEGERI 7 KOTA METRO. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENDOCRINOLOGY (Ukraine), 16(4), 327–332. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486
Editiya, S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Smartphone.
Enzelita, D., & Huwae, G. N. (2024). Strategi Komunikasi INEWS TV Dalam Menjalin Kerjasama Sponsorship Pada Program Koalisi Tawa. 10, 135–147.
Gogali, V. A., Widaningsih, T., & Lusianawati, H. (2022). Konstruksi Sosial Media Lamaran Artis Dalam Program Televisi “Ikatan Cinta Atta & Aurel Special Lamaran” Di RCTI. J-Ika, 9(1), 54–67. https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12795
Hariyanto Didik. (2023). Komunikasi Pemasaran. In UMSIDA PRESS. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Huri, B., & Ernaldy, M. (2023). Strategi Komunikasi Untuk Membangun Branding Kopi Robusta Holycity. Journal Media Public Relations, 3(2), 38–52. https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1337
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Buku Prinsip-Prinsip Pemasaran Philip Kotler GaryArmstrong Jilid 1 Edisi-12 Indonesia Language Edition. https://www.scribd.com/Document/425529173/Buku-Prinsip-Prinsip-PemasaranPhilip-Kotler-Gary-Armstrong-Jilid-1-Edisi-12-Pdf
Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43.
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.
Nugroho, S. E., & Widyastuti, D. A. R. (2019). PENGARUH TINGKAT TERPAAN SPONSORSHIP DAN TINGKAT BRAND AWARENESS TERHADAP SIKAP PADA MEREK. 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Pratiwi, V. A., Kusuma, Y. B., & Penulis, K. (2024). Strategi Pengelolaan Event, Sponsorhip Dan Patnership Serta Konten Media Sosial Pada PT. Telkomsel Surabaya. Journal of Management and Social Sciences, 3(1), 2024. https://doi.org/10.55606/jimas.v3i1.985
Putri, R., & Suhardi. (2023). Jurnal Media Public Relation (JMP) Volume 3 Nomor 2 Tahun 2023. 3, 16–37.
Ramahdani, L., Sitio, A. L., Zairie, M. S., & Suhairi, S. (1979). Peran Strategis Internet Dalam Pemasaran Global. PUBLICIANA : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 16(02), 82–92. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/926
Randika, A., & Syahputra. (2024). Pengaruh Direct Marketing, Sales Promotion, Dan Hedonice Shopping Motivation Terhadap Purchase Decision (Studi Pada Fitur Shopee Live). 14(2), 36–54.
Safitri, E., Lina Auliana, Iwan Sukoco, & Cecep Safaatul Barkah. (2022). Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Jurnal Aplikasi Bisnis, 19(2), 259–267. https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art6
Salma, A. N. (2017). Pengaruh Sponsorship Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 1–26. https://www.neliti.com/id/publications/223894/pengaruh-sponsorship-dalam-meningkatkan-brand-awareness-studi-pada-sponsorship-g#id-section-abstract
Trisnawati, N., & Nugraha, N. A. (2024). Pengaruh Direct Marketing, Personal Selling, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Alat Kesehatan di PT Satria Kencana Medika Bekasi. Ikraith-Ekonomika, 7(1), 102–106. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3287
Yunianto, T. K. (2023). Nielsen Perkirakan Jumlah Penonton TV Tembus 130 Juta Orang. https://www.marketeers.com/nielsen-perkirakan-jumlah-penonton-tv-tembus-130-juta-orang/
Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Syakir Media Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Zulfikar, A., & Subarsa, K. Y. (2019). Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Di Televisi Terhadap Brand Awareness Bukalapak Pada Pengunjung Kota Kasablanka. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 17. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.288
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Media Public Relations

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.