STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RETAIL ACE HARDWARE LAMPUNG DALAM MEMPROMOSIKAN PENJUALAN ONLINE
Strategi Komunikasi Pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam Mempromosikan Penjualan Online
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.589Keywords:
Strategi Komunikasi, Pemasaran, Promosi, RetailAbstract
Indonesia sedang mengalami pandemi virus Covid-19. Dimana masyarakat diharuskan menjaga jarak antar individu dan menghindari kerumunan. Di masa pandemi, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online. Pesatnya perkembangan teknologi serta kemudahan dalam berbelanja secara online juga meningkatkan minat masyarakat. Kebutuhan pasar berubah seiring dengan perubahan gaya hidup sehingga perusahaan mulai mengubah sistem penjualan dan promosi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam mempromosikan penjualan online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah supervisor¸ karyawan, dan beberapa konsumen Retail ACE Hardware Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam mempromosikan penjualan online dilaksanakan dengan cara memaksimalkan sumber daya manusia, membuat aplikasi, serta menjalin kerjasama dengan stakeholder. Strategi komunikasi pemasaran juga dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek, mulai dari aspek informasi produk, layanan, pembelian, advertising (periklanan), maupun sponshorship.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.