STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RETAIL ACE HARDWARE LAMPUNG DALAM MEMPROMOSIKAN PENJUALAN ONLINE

Strategi Komunikasi Pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam Mempromosikan Penjualan Online

Authors

  • Immawati Asniar Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Angga Atriza Nugraha Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Sri Choiriyati Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.589

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pemasaran, Promosi, Retail

Abstract

Indonesia sedang mengalami pandemi virus Covid-19. Dimana masyarakat diharuskan menjaga jarak antar individu dan menghindari kerumunan. Di masa pandemi, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online. Pesatnya perkembangan teknologi serta kemudahan dalam berbelanja secara online juga meningkatkan minat masyarakat. Kebutuhan pasar berubah seiring dengan perubahan gaya hidup sehingga perusahaan mulai mengubah sistem penjualan dan promosi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam mempromosikan penjualan online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah supervisor¸ karyawan, dan beberapa konsumen Retail ACE Hardware Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam mempromosikan penjualan online dilaksanakan dengan cara memaksimalkan sumber daya manusia, membuat aplikasi, serta menjalin kerjasama dengan stakeholder. Strategi komunikasi pemasaran juga dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek, mulai dari aspek informasi produk, layanan, pembelian, advertising (periklanan), maupun sponshorship.

Published

2022-06-25

How to Cite

Asniar, I., Nugraha, A. A., & Choiriyati, S. . (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RETAIL ACE HARDWARE LAMPUNG DALAM MEMPROMOSIKAN PENJUALAN ONLINE: Strategi Komunikasi Pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam Mempromosikan Penjualan Online. Journal Media Public Relations, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.589

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.