STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PAKUHAJI SEBAGAI WISATA EDUKASI
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1830Keywords:
SWOT, Wisata Pakuhaji, Potensi, Wisata Edukasi, Strategi PengembanganAbstract
Wisata Pakuhaji merupakan wisata alam yang berada di daerah Kabupaten Bandung Barat, dengan letaknya yang berada diperbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi. Letaknya yang tidak strategis karena cukup jauh dari jalan besar dan kondisi topografi yang menanjak dengan jalan yang relatif kecil, namun memiliki keberagaman potensi yang dimiliki untuk dikembangkan dengan membuat inovasi dan memanfaatkan potensi itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan potensi apa saja yang ada di Wisata Pakuhaji, diantaranya Wisata Pakuhaji memiliki produk wisata yang dapat dikembangkan dengan inovasi berupa wisata edukasi untuk membuka pasar yang lebih luas dan beragam, kemudian menentukan strategi yang tepat untuk inovasi pengembangannya sebagai Wisata Edukasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka yang kemudian datanya diolah menggunakan analisis SWOT dengan Matriks IFAS dan EFAS. Kemudian melakukan perhitungan Bobot, Rating, Skor untuk menentukan Strategi yang paling cocok digunakan pada Strategi Pengembangan Wisata Pakuhaji Sebagai Wisata Edukasi. Dan dengan Analisis tersebut menghasilkan Strategi yang paling cocok digunakan yaitu Strategi SO (Strength-Opportunities). Dibuktikan melalui perhitungan Bobot, Rating, Skor yang menghasilkan titik koordinat pada diagram kartesius analisis SWOT yang titiknya berada tepat di kuadran I sehingga strategi yang paling relevan untuk digunakan adalah Strategi SO.
References
Amalyah, R., Hamid, D., & Hakim, L. (2016). Peran stakeholder pariwisata dalam pengembangan Pulau Samalona sebagai destinasi wisata bahari. Brawijaya University.
Azis, M. A., & Meirinawati, M. (2020). Manajemen Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Publika, 8(4).
Dandi Sulistyo., Muria Putriana., Mentari Anugrah., & Wina Puspita Sari. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tourguideterhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Mini Indonesia Indah. Journal Media Public Relations Volume 4(1), 25-31
Devicha, Y. (2022). Strategi Pengembangan Produk Wisata Untuk Meningkatkan Kepuasan Wisatawan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT).
Harwindito, B., Wahyuni, N., Saputra, N. G., Suheryadi, H., & Renaldo, R. (2023). Taman Wisata Lebah Madu Cibubur Sebagai Objek Wisata Edukasi di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 221-226.
Hermawan, Y., Hidayatullah, S., Alviana, S., Hermin, D., & Rachmadian, A. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui wisata edukasi dan dampak yang didapatkan masyarakat desa pujonkidul. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 1-13.
Ismail, M. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 4(1), 59-69.
Jannah, H., Handayani, Y. I., & Haifa, H. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA KAWASAN TPA SEBAGAI WISATA EDUKASI DI DESA KERTOSARI KECAMATAN PAKUSARI JEMBER. JMBI: Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika, 4(2), 177-192.
Joseph, F. S., Edison, E., & Kartika, T. (2023). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Science Center sebagai Wisata Edukasi di Kabupaten Bandung. Manajemen dan Pariwisata, 2(1), 68-76.
Khairunnisa, H., Prasetyo, J. S., Jehane, P. T., & Asyianita, R. A. (2019). Kajian pengembangan wisata edukasi berbasis konservasi di Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunegoro I Karanganyar. Bio Educatio, 4(2), 378998.
Maghfiroh, N. L., & Murtini, S. (2018). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang di Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Swara Bhumi, 5(7), 46-54.
Meliantari, D., & Apriani, A. (2024). Analisis Faktor-faktor yang Berdampak pada Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1), 48-56.
Muhammad, A., Hakim, L., & Fatmawati, F. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Malino Di Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(5), 1548-1562.
Nandi, N. (2016). Pariwisata dan pengembangan sumberdaya manusia. Jurnal Geografi Gea, 8(1), 33-42.
Nawaningrum, U. S., & Atmaja, H. E. (2022). Analisis peran SDM dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Magelang. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 6(1), 11-15.
Nurrohman., Immawati Asniar., & Achmadi. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Brandpakalolo (Studi Pada PT. Mitra Prima Cahaya Sentosa Cabang Lampung). Journal Media Public Relations Volume 4 No. 1. 14-15
Prasetyo, D., Manik, T. S., & Riyanti, D. (2021). Pemanfaatan museum sebagai objek wisata edukasi. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 15(1), 1-11.
Prasetyo, H., & Nararais, D. (2023). Urgensi Destinasi Wisata Edukasi Dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Di Indonesia. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 17(2), 135-143.
Putri, F. E., Ariadi, B., Syarkawi, I., & Mulyati, R. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN SOLOK SELATAN. E-Jurnal Akuntansi, Auditing & Investasi, 2(2), 43-50.
Rahmadina, A. B., & Sumanto, A. (2022). Strategi pengembangan wisata edukasi kampung gerabah Desa Precet Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(1), 40-53.
Rihardi, E. L. (2021). Pengembangan manajemen sumber daya manusia sebagai sebuah keunggulan kompetitif pada industri pariwisata dan perhotelan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 10-20.
Riwanto, M. A. Analisis Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara Ke Indonesia Menggunakan Microsoft Power Bi.
Siburian, M., Kausar, D. R. K., & Firmansyah, R. (2017). Strategi Pengembangan Wisata Edukasi di Godong Ijod Depok dengan Experiential Marketing. Journal of Tourism Destination and Attraction, 5(1), 11-18.
Thabita Carolina & Nuryana. (2021). Srategi Promosi Perut Bulat Cafe & Resto Melalui Media Sosial Instagram. Journal Media Public Relations Volume 1 No. 1, 18
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.