KEPUASAN BELANJA ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE

Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Lampung Tahun 2022

Authors

  • Indah Perwitasari Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Emy Sri Purwani Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Meylin Azizah Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.836

Keywords:

Kepuasan, Belanja Online, Aplikasi Shopee

Abstract

Kepuasan merupakan efek yang timbul setelah seseorang menggunakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya baik berupa produk materi maupun informasi. Kepuasan menggunakan media dalam memperoleh informasi juga terjadi dan dinyatakan dalam teori media Uses and Gratifications. Kepuasan terhadap produk materi juga didapatkan dari merk, produk, nilai harga, keunggulan dan kelemahan dari media yang digunakan. Shopee merupakan salah satu aplikasi  media belanja online yang banyak digunakan masyarakat. Seiring dengan maraknya pemanfaatan teknologi informasi perubahan interaksi pun terjadi. Jika sebelumnya segala sesuatu dilakukan secara langsung, maka di era sekarang aktivitas dapat dilakukan secara virtual termasuk berbelanja produk. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Muhammadiyah Lampung dalam Belanja Online melalui aplikasi Shopee. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif untuk melihat besaran kepuasan dengan sampel sejumlah 68 responden. Hasil pengolahan data dengan  SPSS 25 dan menggunakan teknik analisis persamaan regresi berganda menunjukkan bahwa terdapat kepuasan responden dalam menggunakan aplikasi shopee untuk belanja online dengan hasil nilai Fhitung (94,813) hasil perhitungan tersebut lebih besar dibandingkan dengan Ftabel (3,25). Koefisien determinasi diperoleh angka  0,837 yang menunjukkan bahwa besaran kepuasan belanja online melalui aplikasi Shopee sebesar 83% .

References

Agustini.N.K.D.A. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 9 No.1. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Anggito, A. S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Cahyono, A. (2019). Unggul Berkomunikasi "Menciptakan Sebuah Kekeuatan Efektif". Surabaya: Uwais Inspirasi Indonesia.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan SPSS. Sleman: CV. Budi Utama.

Fatmawati.N. 2020. Gaya Hidup Mahasiswa Akibat Adanya Online Shop. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 29 Nomor 1. Institut Agama Islam Negeri Kudus

Hadi I.P. Wahjudianata, dkk. (2019). Komunikasi Massa. Pasuruan: Qiara Media.

Hilabi.S.Priati. 2018. Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Media Sosial Whatsapp Mobile Online. Volume 3 Nomor 1. Universitas Buana

Humaizi. (2018). Uses and Gratifications Theory. Medan: Art design, Publishing&Printing.

Innova.E.I. 2016. Motif dan Kepuasan Pengguna Instagram di Komunitas Instameet Indonesia. Jurnal E-Komunikasi. Volume 4 Nomor 1. Universitas Kristen Petra.

Insana.D.R.M.Johan.R.S. 2020. Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Penggunaan E-commerce. Jurnal Sosio E-Kons. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Ishak.A. 2012. U Jurnal Siasat Bisnis. Volume 16 nomor 2. Universitas Islam Indonesia

Kurniasih.A.Taher.A. 2018. Kepuasan Pengunjung Media Online Femaledaily.Com Dalam Memperoleh Informasi (Studi Pada Mahasiswi Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fisip Unsyiah. Volume 3 Nomor 2. Universitas Syiah Kuala.

Lestari.F.A.P. 2018. Pengaruh Web E-commerce, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sosio E-Kons. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Maulana.S.M. Susilo.H.Dkk. 2015. Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 29 Nomor 1. Universitas Brawijaya.

Nasrial.O.H. Atnan.N. 2019. Pengaruh Iklan Tv Shopee Versi “Goyang Shopee 9.9 Super Shopping Day” Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee (Survey Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Volume 6 nomor 1. Universitas Telkom.

P Ruliana, L. P. (2019). Teori Komunikasi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Pancaningrum.E, Risdwiyanto.A. 2013. Pengaruh Kegunaan Dan Kemudahan Penggunaan Situs Belanja Terhadap Sikap Belanja Online Yang Dimoderasi Oleh Keahlian Dan Kebutuhan Untuk Berinteraksi Bagi Pengguna Internet. Jurnal Maksipreneur Volume 2 No.2.

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi : Komunikasi sebagai Kegiatan, Komunikasi sebagai Ilmu. Jakarta: Kencana Prenada.

Pradana.M. 2015, Klasifiikasi Bisnis E-commerce Di Indonesia. Modus. Volume 27 Nomor 2. Universitas Telkom.

Purnama.F.Y, Yuliastuti.M. 2021. Kepuasan Mahasiswa Surabaya Dalam Menggunakan Messaging Application (Line, Whatsapp, Dan Bbm) Surabaya Student Satisfaction In Using The Messaging Application (Line, Whatsapp, And Bbm). Jurnal Public Corner Fisip Universitas Wiraraja. Volume 16 Nomor 1. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Rohmah.N.N. 2020. Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat Dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Volume 4 Nomor 1. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.

Ruslan, R. (2017). metode Penelitian : Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

S. Sultra, H. N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Budi Utama.

Santoso, Manurung.N, dkk. 2021. Belanja Online di Masa pandemik Covid 19 Untuk Masyarakat Desa Tanah Rakyat Kec. Pulo Bandring Kab. Asahan. Jurnal pemberdayaan sosial dan teknologi masyarakat. Volume 1 no.1. Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer Royal.

Sari.C.A. 2015. Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswa antropologi universitas airlangga. Jurnal Departemen Antropologi FISIP Universitas Airlangga. Volume 4 no.2. universitas airlangga.

Simanjuntak.D.R, Londa.N dkk. 2018. Persepsi Mahasiswa Pada Jasa Belanja OnlineShopee (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sam Ratulangi). Universitas Sam Ratulangi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulan D.A.N, Abdullah S.M. 2014. Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio-Humainora. Volume 5 Nomor 1. Universitas Mercu Buana. Yogyakarta.

Yasir. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi Sebuah Pendekatan Kritis dan Komprehensif. Yogyakarta: Budi Utama.

Published

2022-12-20

How to Cite

Perwitasari, I., Sri Purwani, E., & Azizah, M. (2022). KEPUASAN BELANJA ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE: Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Lampung Tahun 2022. Journal Media Public Relations, 2(2), 21–27. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.836

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.