EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PLKB DALAM MENINGKATKAN MINAT PASANGAN BARU UNTUK MENJADI ANGGOTA AKSEPTOR KB DI DESA TAJIMALELA KECAMATAN KALIANDA
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v3i1.975Keywords:
Komunikasi, Komunikasi persuasive, Akseptor KB, PLKBAbstract
Pentingnya penggunaan alat kontrasepsi antara lain adalah untuk menghindari kasus kehamilan yang tidak diinginkan. Desa Tajimalela yang berada di Kecamatan Kalianda merupakan salah satu desa yang masyarakatnya menjadi sasaran agar masyarakatnya menjadi anggota akseptor KB. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Efektivitas Komunikasi PLKB Dalam Meningkatkan Minat Pasangan Baru Untuk Menjadi Akseptor KB Di Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Minat ( Elizabeth B. Hurlock). Hasil dari penelitian ini adalah hampir 70 persen pasangan baru menikah sudah menjadi akseptor KB, sedangkan sisanya belum menjadi akseptor KB dikarenakan mereka masih ragu-ragu dan ada pula yang masih takut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dikarenakan sudah mencapai diatas 50 % maka dapat dikatakan sudah mencapai target yang inginkan. Diharapkan juga setiap tahunnya target yang menjadi akseptor KB terus mencapai diatas 50%. Untuk menciptakan komunikasi yang efektif, seorang komunikator harus mampu mengidentifikasi sasaran yang menjadi penerima pesan, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih media, memilih sumber pesan, dan mengumpulkan umpan balik.
References
Dan B. Curtis, James J. Floyd, Jerry, L. Winsor. 2004. Komunikasi Bisnis dan Profesional. Jakarta: Rosda Jayaputra.
Deddy, 2000, Komunikasi Organisasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya F,Rachmady, 2008, Informasi dan Komunikasi dalam Percaturan Internasional, Bandung
Deddy, 2000, Komunikasi Organisasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
F,Rachmady, 2008, Informasi dan Komunikasi dalam Percaturan Internasional, Bandung PT. Alumni Hafidz
PT. Alumni
Hafidz, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Lasa ,H A, 2004, Pengolahan, Terbitan berkala, Yogyakarta
Kanisius Mulyana,
Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja
Osborne, David dan Peter Plastik, 2000, Memangkas Birokrasi, Jakarta: PPM.
R. Wayne dan Don F Faules, 2001, Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Organisasi: PT. Remaja Rosdakarya.
Robbins, Stephen P, 2004, Teori Organisasi: Struktur, Desain, dan Aplikasi, Jakarta: Penerbit Arcan.
Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour
Stephen P, 2006, Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, dan Aplikasi, Jakarta: PT Prenhalindo.
Stephen W, 2001, Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
Winardi, J, Motivasi, 2001, dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pace dan Don F. Faules, 2001, Komunikasi Organisasi (terjemahan), Bandung:Rosdakarya, Hal 155
Wursanto, 1987, Etika Komunikasi Kantor, Yogyakarta: Kanisius, Hal 31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.