EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PLKB DALAM MENINGKATKAN MINAT PASANGAN BARU UNTUK MENJADI ANGGOTA AKSEPTOR KB DI DESA TAJIMALELA KECAMATAN KALIANDA

Authors

  • Fitri Syahria BKKBN Kabupaten Lampung Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v3i1.975

Keywords:

Komunikasi, Komunikasi persuasive, Akseptor KB, PLKB

Abstract

Pentingnya penggunaan alat kontrasepsi antara lain adalah untuk menghindari kasus kehamilan yang tidak diinginkan. Desa Tajimalela yang berada di Kecamatan Kalianda merupakan salah satu desa yang masyarakatnya menjadi sasaran agar masyarakatnya menjadi anggota akseptor KB. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Efektivitas Komunikasi PLKB Dalam Meningkatkan Minat Pasangan Baru Untuk Menjadi Akseptor KB Di Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Minat ( Elizabeth B. Hurlock). Hasil dari penelitian ini adalah hampir 70 persen pasangan baru menikah sudah menjadi akseptor KB, sedangkan sisanya belum menjadi akseptor KB dikarenakan mereka masih ragu-ragu dan ada pula yang masih takut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dikarenakan sudah mencapai diatas 50 % maka dapat dikatakan sudah mencapai target yang inginkan. Diharapkan juga setiap tahunnya target yang menjadi akseptor KB terus mencapai diatas 50%. Untuk menciptakan komunikasi yang efektif, seorang komunikator harus mampu mengidentifikasi sasaran yang menjadi penerima pesan, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih media, memilih sumber pesan, dan mengumpulkan umpan balik.

References

Dan B. Curtis, James J. Floyd, Jerry, L. Winsor. 2004. Komunikasi Bisnis dan Profesional. Jakarta: Rosda Jayaputra.

Deddy, 2000, Komunikasi Organisasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya F,Rachmady, 2008, Informasi dan Komunikasi dalam Percaturan Internasional, Bandung

Deddy, 2000, Komunikasi Organisasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

F,Rachmady, 2008, Informasi dan Komunikasi dalam Percaturan Internasional, Bandung PT. Alumni Hafidz

PT. Alumni

Hafidz, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Lasa ,H A, 2004, Pengolahan, Terbitan berkala, Yogyakarta

Kanisius Mulyana,

Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.

Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja

Osborne, David dan Peter Plastik, 2000, Memangkas Birokrasi, Jakarta: PPM.

R. Wayne dan Don F Faules, 2001, Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Organisasi: PT. Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P, 2004, Teori Organisasi: Struktur, Desain, dan Aplikasi, Jakarta: Penerbit Arcan.

Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour

Stephen P, 2006, Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, dan Aplikasi, Jakarta: PT Prenhalindo.

Stephen W, 2001, Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.

Winardi, J, Motivasi, 2001, dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pace dan Don F. Faules, 2001, Komunikasi Organisasi (terjemahan), Bandung:Rosdakarya, Hal 155

Wursanto, 1987, Etika Komunikasi Kantor, Yogyakarta: Kanisius, Hal 31

Published

2023-06-25

How to Cite

Syahria, F. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PLKB DALAM MENINGKATKAN MINAT PASANGAN BARU UNTUK MENJADI ANGGOTA AKSEPTOR KB DI DESA TAJIMALELA KECAMATAN KALIANDA. Journal Media Public Relations, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.37090/jmp.v3i1.975

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.