GAYA KOMUNIKASI DAN MOTIF MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TWITTER

(Studi Deskriptif Kualitatif Gaya Komunikasi dan Motif Penggunaan Aplikasi Twitter di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Authors

  • Nofrans Kurniawan Kementrian Agama Kota Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.604

Keywords:

Gaya Komunikasi, Motif, Twitter

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana sebenarnya gaya komunikasi para pengguna aplikasi twitter di kalangan mahasiswa FISIP UTB beserta motif yang mendasari mereka menggunakan situs pertemanan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Metode Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini mengambil 10 (sepuluh) orang informan, yang terdiri dari mahasiswa FISIP UTB dari tiap Angkatan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik wawancara dilakukan tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Teknik observasi dilakukan peneliti pada akun-akun Twitter milik informan. Analisis data penelitian bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Beberapa informan yang berasal dari mahasiswa FISIP UTB menggunakan gaya komunikasi yang lebih formal karena objek bahasan yang dipilihnya di aplikasi Twitter nya adalah masalah-masalah sosial dan politik. Motif mahasiswa menggunakan aplikasi Twitter adalah motif interaksi, dimana siswa meggunakan aplikasi Twitter sebagai ajang pencarian teman baru, berkomunikasi dengan teman lama, bahkan berkomunikasi dengan saudara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Diharapkan kepada Mahasiswa FISIP UTB untuk tetap menggunakan gaya komunikasi assertive style guna tetap membangun hubungan komunikasi yang baik didalam aplikasi Twitter. (2) dengan tetap membangun interaksi sosial didalam menggunakan aplikasi Twitter dengan baik.

Published

2022-06-25

How to Cite

Kurniawan, N. (2022). GAYA KOMUNIKASI DAN MOTIF MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TWITTER: (Studi Deskriptif Kualitatif Gaya Komunikasi dan Motif Penggunaan Aplikasi Twitter di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Journal Media Public Relations, 2(1), 34-40. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.604