ADMINISTRASI DAN BIROKRASI PEMERINTAH

Penulis

  • Anwar Anwar Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UTB Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpap.v1i1.402

Abstrak

Birokrasi secara umum dapat dibedakan atas tiga bidang, yaitu kelembagaan, prosedur atau tata laksana, dan sumber daya manusia, maka perwujudan reformasi birokrasi juga seharusnya melalui pendekatan dari tiga bidang tersebut.  Untuk meningkatkan kemampuan administrasi publik sebagai pelaksana pemerintahan (birokrasi  pemerintahan), maka semua unsur birokrat perlu mengkreasi fungsi dan tugasnya dengan ide-ide yang inovatif dalam rangka profesionalitas terhadap pemberian dan penyediaan layanan publik. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman terhadap esensi publik, baik secara etimologi, pembedaan antara publik dan privat, barang-barang publik maupun perspektif-perspektif publik. Dengan begitu akan adanya sebuah formulasi kolaborasi birokrasi yang, profesional antara prinsip keadilan sosial, efisiensi, prinsip ekonomi dan nilai-nilainya.

Kata Kunci: Reformasi, Birokrasi

Diterbitkan

2021-05-20

Cara Mengutip

Anwar, A. (2021). ADMINISTRASI DAN BIROKRASI PEMERINTAH . Jurnal Progress Administrasi Publik, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.37090/jpap.v1i1.402

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.