KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE KEPADA KONSUMEN CV BINTARA CLUSTER
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1335Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Brand Image, KonsumenAbstract
Jasa properti pembangunan dan jual beli rumah di Bandar Lampung terus mengalami peningkatan, tetapi pada umumnya berbanding terbalik dengan rasa kepuasan konsumen yang didapatkan. Hal tersebut disebabkan minimnya keahlian sebuah CV dalam berkomunikasi pada konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi interpersonal CV Bintara Cluster dalam membangun brand image kepada konsumennya. Metode penelitian menggunakan tiga teknik dalam metode analisis data deskriptif kualitatif, yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, peneliti memadukan teori reputasi oleh Charles J. Fombrun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi interpersonal dalam membangun brand image kepada konsumen CV Bintara Cluster dapat terlihat secara langsung melalui adanya kredibilitas (keunggulan), terpercaya, keterandalan (kualitas dan mutu), dan tanggung jawab sosial (kontribusi/penyelesaian terhadap masalah) di dalam CV Bintara Cluster dan juga secara tidak langsung melalui komunikasi pada media sosial, seperti Instagram, Video kreatif, Facebook, Marketplace, Whatsapp, e-Mail dan sebagainya.
References
A. David Aaker. 1991. Manajemen Equitas Merek : Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Jakarta : Mitra Utama.
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : PT Simbiosa Rekatama.
Bernadette, Tiur Adlina. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko. Universitas Tarumanagara, Jakarta: Jurnal Prologia. Sumber: https://journal.untar.ac.id/index.php/p rologia/article/view/15760/13994
Carapeboka, Dr. Ir. Ratu Mutialela. 2017.
Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Hikmawati, N. 2016. The Influence Of Relational Marketing And Brand Image On Customer Trust Of The Mobile Telecommunications Services Operators In Indonesia. Universitas Komputer Indonesia: Academy of Strategic Management Journal. Sumber: https://www.researchgate.net/publicat ion/311928021_The_influence_of_rel ational_marketing_and_brand_image
_on_customer_trust_of_the_mobile_t elecommunications_services_operato rs_in_Indonesia
Marhaeni, Fajar. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Rasid, Husin. 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Stai As-Sunnah Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Sumatera Utara: Jurnal Simbolika. Sumber: http://ojs.uma.ac.id/index.php/simboli ka/article/view/9522/5029
Roswita, Oktavianti. 2022. Strategi Marketing Public Relations Bioskop Drive-In dalam Membangun Brand Image Perusahaan Angellia. Universitas Tarumanagara, Jakarta: Jurnal Untar. Sumber: https://journal.untar.ac.id/index.php/p rologia/article/view/15668/13989
Setiadi, J.Nugroho. 2003. Perilaku
Konsumen. Jakarta : Kencana.
Silvani, Urza Sitorus. 2023. Komunikasi Interpersonal Penggemar BTS Dalam Pembentukan Cinta Diri (Studi Kasus Pada Group apobangpOt7.mdn). Medan, Sumatera Utara: Jurnal Simbolika. Sumber: http://ojs.uma.ac.id/index.php/simboli ka/article/view/9508/5026
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CVAlfabeta.
Wang, S. 2012. The Impact Of Luxury Brand-Retailer Co-Branding Strategy On Consumers' Evaluation Of Luxury Brand Image: The Case Of Taiwan. Advances in International Marketing. Sumber: https://www.emerald.com/insight/con tent/doi/10.1108/S1474-
(2012)0000023007/full/html
Vivi, Arviany. 2022. Pengaruh Pesan Kampanye Body Positivity terhadap Brand Image Fashion Instagram Kurve.official. Jakarta. Sumber: https://journal.untar.ac.id/index.php/p rologia/article/view/15660/13988
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.