KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE KEPADA KONSUMEN CV BINTARA CLUSTER

Authors

  • Elia Agustina Universitas Tulang Bawang
  • Vivi Lutfiana Sari Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1335

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Brand Image, Konsumen

Abstract

Jasa properti pembangunan dan jual beli rumah di Bandar Lampung terus mengalami peningkatan, tetapi pada umumnya berbanding terbalik dengan rasa kepuasan konsumen yang didapatkan. Hal tersebut disebabkan minimnya keahlian sebuah CV dalam berkomunikasi pada   konsumen.   Berdasarkan   permasalahan   tersebut,   penelitian   ini   bertujuan   untuk mengetahui kemampuan komunikasi interpersonal CV Bintara Cluster dalam membangun brand  image  kepada  konsumennya.  Metode  penelitian  menggunakan  tiga  teknik  dalam metode   analisis   data   deskriptif   kualitatif,   yaitu   teknik   observasi,   wawancara,   dan dokumentasi. Selain itu, peneliti memadukan teori reputasi oleh Charles J. Fombrun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi interpersonal dalam membangun brand image kepada konsumen CV Bintara Cluster dapat terlihat secara langsung melalui adanya kredibilitas (keunggulan), terpercaya, keterandalan (kualitas dan mutu), dan tanggung jawab sosial (kontribusi/penyelesaian terhadap masalah) di dalam CV Bintara Cluster dan juga secara tidak langsung melalui komunikasi pada media sosial, seperti Instagram, Video kreatif, Facebook, Marketplace, Whatsapp, e-Mail dan sebagainya.

References

A. David Aaker. 1991. Manajemen Equitas Merek : Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Jakarta : Mitra Utama.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : PT Simbiosa Rekatama.

Bernadette, Tiur Adlina. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko. Universitas Tarumanagara, Jakarta: Jurnal Prologia. Sumber: https://journal.untar.ac.id/index.php/p rologia/article/view/15760/13994

Carapeboka, Dr. Ir. Ratu Mutialela. 2017.

Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Hikmawati, N. 2016. The Influence Of Relational Marketing And Brand Image On Customer Trust Of The Mobile Telecommunications Services Operators In Indonesia. Universitas Komputer Indonesia: Academy of Strategic Management Journal. Sumber: https://www.researchgate.net/publicat ion/311928021_The_influence_of_rel ational_marketing_and_brand_image

_on_customer_trust_of_the_mobile_t elecommunications_services_operato rs_in_Indonesia

Marhaeni, Fajar. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rasid, Husin. 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Stai As-Sunnah Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Sumatera Utara: Jurnal Simbolika. Sumber: https://ojs.uma.ac.id/index.php/simboli ka/article/view/9522/5029

Roswita, Oktavianti. 2022. Strategi Marketing Public Relations Bioskop Drive-In dalam Membangun Brand Image Perusahaan Angellia. Universitas Tarumanagara, Jakarta: Jurnal Untar. Sumber: https://journal.untar.ac.id/index.php/p rologia/article/view/15668/13989

Setiadi, J.Nugroho. 2003. Perilaku

Konsumen. Jakarta : Kencana.

Silvani, Urza Sitorus. 2023. Komunikasi Interpersonal Penggemar BTS Dalam Pembentukan Cinta Diri (Studi Kasus Pada Group apobangpOt7.mdn). Medan, Sumatera Utara: Jurnal Simbolika. Sumber: https://ojs.uma.ac.id/index.php/simboli ka/article/view/9508/5026

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CVAlfabeta.

Wang, S. 2012. The Impact Of Luxury Brand-Retailer Co-Branding Strategy On Consumers' Evaluation Of Luxury Brand Image: The Case Of Taiwan. Advances in International Marketing. Sumber: https://www.emerald.com/insight/con tent/doi/10.1108/S1474-

(2012)0000023007/full/html

Vivi, Arviany. 2022. Pengaruh Pesan Kampanye Body Positivity terhadap Brand Image Fashion Instagram Kurve.official. Jakarta. Sumber: https://journal.untar.ac.id/index.php/p rologia/article/view/15660/13988

Published

2023-12-30

How to Cite

Agustina, E. ., & Lutfiana Sari, V. . (2023). KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE KEPADA KONSUMEN CV BINTARA CLUSTER. Journal Media Public Relations, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.37090/jmp.v3i2.1335

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.