INTERAKSI SIMBOLIK LOAN ADMIN DAN DEVELOPER PERUMAHAN DI BANDAR LAMPUNG

Studi Deskriptif Kualitatif Loan Admin Bank Tabungan Negara Cabang Bandar Lampung

Authors

  • Nofrans Kurniawan Kementrian Agama Kota Bandar Lampung
  • Bainal Huri Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Destia Darmawan Putri Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.833

Keywords:

Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Interaksi Simbolik, Loan Admin

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dan juga teori komunikasi simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di bank tbaungan negara cabang Bandar Lampung. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang yang terdiri dari 2 (dua) key informan dan juga 2 (dua) informan didalam penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Load admin bank tabungan negara cabang Bandar Lampung melakukan interaksi simbolik kepada para nasabahnya yang melakuakn pengajuan kredit. Interaksi simbolik sendiri terjadi saat load admin bank tabungan negara cabnag Bandar Lampung berinteraksi kepada para nasabahnaya. interaksi simbolik tersebut dapat dlihat dari proses komunikasi secara langsung dan juga simbol simbol yang dilakukan load admin saat sedang berkmunikasi kepada para calon nasabahnya.simbol-simbol tersebut dapat dilihata dari cara berbicara, gaya bahasa, gerak tubuh dan juga cara berpakaian ataupun sesuatu yang menyibolkan identitas dari load admin bank tabungan negara cabang Bandar Lampung saat melakukan interaksi kepada para calon nasabah yang ada. selain itu dalam melakukan interaksi ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh load admin kepada calon nasabah bank tabungan negara cabang Bandar Lampung. Hal tersebut adalah dengan diberikannya dukungan, keterbukaan, dan juga kesetaraan kepada para calon nasabah bank tabungan negara cabang Bandar Lampung.

References

Enrico Parlindungan. Analisis Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Perusahaan Terhadap Non-Performing Loand (Studi Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2013-2 015). 2017

Lika Puspita. Interaksi Simbolik Sales Promotion Girl (Suatu Fenomenologi Interaksi Simbolik Pada Sales Promotion Girl Rokok Djarum Di Kota Bengkulu). 2014

Bungin, Burhan. 2005. Analisis Data Penelitian Kualitatif (Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi). Pt. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Cresswell, John. W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif. Kuantitatif Dan Campuran Edisi Ke Empat. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar Dan Aplikasi). Ya3 Malang : Malang.

Dicky Hudyandi.Interaksi Simbolik Pria Metroseksual Pada Sosok Sales Promotion Boy Dikota Bandung. 2014 Kartono,Kartini. 1996. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Mandar Maju : Bandung.

Moelong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya : Bandung.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan : Referensi (Gp Ress Group) Narbuko,Cholid. 2009. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara : Jakarta.

O.P. Simorangkir, 2004. Pengantar Lembaga Keungan Bank dan Non Bank. Jakarta: Raja Grafindo Sobur, Alex. 2014. Ensklopedia Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media : Bandung.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Sutojo, Siswanto. 2013. Menangani Kredit Bermasalah Edisi. Damar Mulia Pustaka: Jakarta. Ruliana, Poppy. Lestari Puji. Teori Komunikasi. Pt.RajaGrafindo Persada : Depok. 2019

Published

2022-12-20

How to Cite

Kurniawan, N., Huri, B., & Darmawan Putri, D. (2022). INTERAKSI SIMBOLIK LOAN ADMIN DAN DEVELOPER PERUMAHAN DI BANDAR LAMPUNG: Studi Deskriptif Kualitatif Loan Admin Bank Tabungan Negara Cabang Bandar Lampung. Journal Media Public Relations, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.833

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.