PENGARUH DAYA TARIK INFOMASI LIVE MUSIC TERHADAP MINAT PENGUNJUNG FOLLOWERS INSTAGRAM MAHATO COFFE
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1742Keywords:
Daya Tarik, Live Music, Minat PengunjungAbstract
Seiring berkembangnya zaman coffee shop kini tidak hanya tersedia menu kopi saja, namun tersedia menu-menu lainnya. Kini coffee shop juga menyediakan live music dengan tujuan untuk menarik pengunjung. Oleh sebab itu penelitian bertujuan untuk mengetahui, dan menganalisis pengaruh daya tarik live music terhadap pengunjung followers Instagram mahato coffee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang disebarkan kepada responden followers instagram mahato coffe. Populasi sebanyak 6.248 followers Instagram mahato coffee, sampel yang diambil sebanyak 98 followers menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%, dan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat nilai koefisien korelasi variabel eksogen (daya tarik live music) terhadap variabel endogen (minat pengunjung followers instagram mahato coffee) sebesar 0,694, jika bedasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi terdapat pada rentang 0,60 – 0,799 yang berarti tingkat hubungan variabel eksogen (daya tarik live music) terhadap variabel endogen (minat pengunjung followers instagram mahato coffee) berkategori kuat. Kemudian terdapat adanya pengaruh daya tarik live music terhadap minat pengunjung followers instagram mahato coffee diperoleh nilai thitung 9,438 > ttabel 3,840 dengan nilai signifikansi uji t 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel eksogen yaitu daya tarik live music terdapat pengaruh terhadap variabel endogen yaitu minat pengunjung followers instagram mahato coffee.
References
Azzellini, D., Greer, I., & Umney, C. (2022). Why isn’t there an Uber for live music? The digitalisation of intermediaries and the limits of the platform economy. New Technology, Work and Employment, 37(1), 1–23. https://doi.org/10.1111/ntwe.12213
Darojat, I. (2021). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Citra Raya Water World). Dynamic Management Journal, 5(1), 23–37.
Dhisasmito, P. P., & Kumar, S. (2020). Understanding customer loyalty in the coffee shop industry (A survey in Jakarta, Indonesia). British Food Journal, 122(7), 2253–2271. https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2019-0763
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti.
Ferreira, J., Ferreira, C., & Bos, E. (2021). Spaces of consumption, connection, and community: Exploring the role of the coffee shop in urban lives. Geoforum, 119, 21–29. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2020.12.024
Megasari, C., & Latif, B. S. (2022). Pengaruh Design Interior Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pengunjung Hotel Sotis Kemang. Media Bina Ilmiah, 17(5), 795–802.
Nugrahaningsih, H. (2020). Pengaruh Media Sosial Dan Fasilitas Terhadap Minat Pengunjung Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating. Media Manajemen Jasa, 8(1), 3356–0304.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Dilengkapi dengan Metode R&D (1st ed.). Alfabeta.
Suhaimi, & Rahmadani, D. (2021). Strategi Public Relations Untuk Meningkatkan Minat Pengunjung Museum Negeri Lampung “Ruwa Jurai.” Journal Media Public Relations, 1(2), 56–68.
Sulistyo, D., Putriana, M., Anugrah, M., & Sari, W. P. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tourguide Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Mini Indonesia Indah. Journal Media Media Public Relations, 4(1), 24–33.
Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6
Van Der Hoeven, A., & Hitters, E. (2023). Live music and the New Urban Agenda: Social, economic, environmental and spatial sustainability in live music ecologies. City, Culture and Society, 32, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.ccs.2022.100490
Wahyu Dewatara, G., & Monik Agustin, S. (2019). Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia. Wacana, 18(1), 1–10.
Wenno, B., & Delliana, S. (2021). Hubungan Kualitas Konten Channel Youtube Gadgetin Terhadap Kepuasan Viewers Konten Gadget. Journal Media Public Relations, 1(2), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.