ANALISIS SEMIOTIKA PADA TAGLINE SUPERINDO SUPER SEGAR PT LION SUPERINDO DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF

Authors

  • M. Amri Qodami Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Sri Choiriyati Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Mike Meirianti Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2560

Keywords:

Semiotika, PT. Lion Superindo, Analisis, Humas, Public Relation

Abstract

PT Lion Superindo merupakan perusahan yang bergerak di bidang retail, yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat, PT Lion Superindo tersebar di seluruh Indonesia, terdapat 4 gerai Superindo di Provinsi Lampung dan salah satunya yang akan peneliti teliti adalah pada Superindo KMG ( Kemiling ), yang beralamat pada di Jalan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung 35155, Pemahaman masyarakat terhadap kesegaran produk seperti sayur, buah, daging dan lain lain, hal ini berdampak pada citra perusahaan dan hambatan bagi pencapaian tujuan perusahaan karena itu Humas PT. Lion Superindo menggunakan tagline sebagai metode semiotika kepada pelanggan bahwa produk fresh superindo adalah produk yang segar / fresh dengan tagline “Superindo super segar”. Tujuan penelitian ini dilakukan karna peneliti tertarik dalam waktu 2 tahun setelah gerai pertama berdiri di Provinsi Lampung, Superindo telah berkembang cukup baik dengan mendirikan 2 gerai baru dibandingkan dengan kompetitor Superindo lainnya seperti Lotte Mart, Indogrosir dan Super Market Lainnya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara, kemudian data tersebut di analisis dengan menggabungkan 2 teori yaitu teori semiotika roland barthez Signifier (Penanda), Signified (Petanda), Denotative Sign (Tanda Denotatif  ), Conotative Signifier (Penanda Konotatif), Conotative Signified (Petanda Konotatif) Conotative Sign (Tanda Konotatif), dengan teori meningkatkan citra Frank Jefkins Citra eksklusif, Citra inovatif, Citra murah meriah, keduanya sangat relevan dengan penggunaan tagline sebagai semiotika untuk membangun citra perusahaan yang eksklusif, inovatif, dan murah meriah, yang dilakukan oleh PT. Lion Superindo.

References

Anggraeni, S. (2018). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya: Ferdinand de Saussure, Roland Barthes, Julia Kristeva, Jacques Derrida, Charles Sanders Peirce, Marcel Danesi & Paul Perron, dll. Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 15, 127. https://doi.org/10.26499/metalingua.v15i1.160

Arifin, M. (2015). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Dan Penyuluhan Agama, 18.

Aritonang, D. A., & Don Bosco Doho, Y. (2019). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Lirik Lagu Band Noah “Puisi Adinda.” Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 4(2), 77–103.

Meiranti, M. (2019). Bingkai “Tampang Boyolali “ dalam Pidato Prabowo Subianto di Media Daring. Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 79–92. https://doi.org/10.14421/kjc.21.06.2020

Nurdin, A. (2019). Peran Public Relations dalam Membangun Citra Positif Perusahaan. Jurnal Komunikasi, 7(2), 104–118.

Kartika, Elsa Widia, and Ahmad Supena. (2024) "Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce dalam Novel “Pasung Jiwa” Karya Okky Madasari." Pena Literasi 7.1 : 94.

Safitri, N. R., Muhammad Ruslan Ramli, and Ballian Siregar. (2021) "Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Burger King Versi “Pesanlah dari McDonald’s”." Journal of Scientific Communcation 3.2 : 120-131.

Surbakti, Emia Pepayosa Br. (2021) "Membangun Citra Humas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Dalam Mewujudkan World Class University." Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam 4.1 : 31-42.

Isa, N. K., & Wijaya, L. S. Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Kota Surakarta Melalui Media Relations. Journal Media Public Relations, 4(2), 85-96.

Choiriyati, S. THE EQUALITARIAN STYLE PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA 4.0. Journal Media Public Relations, 3(1), 1-13.

Soleh Soemirat, Elvinaro Ardianto , 2010, Dasar – dasar humas, PT. Remaja rosdakarya, Bandung

Published

2025-06-11

How to Cite

Qodami , M. A., Choiriyati, S., & Meirianti , M. (2025). ANALISIS SEMIOTIKA PADA TAGLINE SUPERINDO SUPER SEGAR PT LION SUPERINDO DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF. Journal Media Public Relations, 5(1), 246–252. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2560

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.