PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI SISWA KELAS XII JURURSAN MIPA SMA NEGERI 1 ANDONG

Authors

  • Fina Izdni Rahmawati Ilmu Komunikasi Universitas Tidar Magelang
  • Harjanti Jabal Ilmu Komunikasi Universitas Tidar Magelang
  • Rizki Pratama Ilmu Komunikasi Universitas Tidar Magelang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.766

Keywords:

Game Online, Perilaku Komunikasi, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Game Online terhadap Perilaku Komunikasi Siswa SMA Negeri 1 Andong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan MIPA SMA Negeri 1 Andong dengan jumlah siswa sebanyak 300 dimana sampel yang diambil hanya 26% atau 78 siswa yang dijadikan sampel untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game online tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku komunikasi.

References

Afandi M. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektifitas Komunikasi Interpersonal pada Kalangan Pelajar kelas 5 SD N 009 Samarinda. eJournal llmu Komunikasi. 1 (4):177-187

Desmita, R. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung:PT.Remaja Rodaskarya

Fauziah ER. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. eJournal lmu Komunikasi. 1 (3): 1-16

Giandi AF.2012. Perilaku Komunikasi Pecandu Game Online Deangan Menggunakan Game Online. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran Vo.1., No.1 (2012)

Guno DC. 2018. Gambaran Perilaku Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Kecamatan Magetan. Diunduh pada http://eprints.ums.ac.id/60199/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. [pada 26 September 2018]

Hurlock, Elizabeth B.. 2003 Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga

Istiyanto SB. 2016. Telepon Genggam dan Perubahan Sosial Studi Kasusu dampak negative Media Komunikasi dan Informasi bagi Anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi. 01(2016): 58-63

Kusumah, Reza Trijaya. 2011. Konsep Diri Pecandu Game Online (Studi Deskripsi Tentang Konsep Diri Pecandu Game Online Di Kota Bandung). Bandung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia. (http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-rezatrijay-26377)

Lestari UI, Suryatna U, Kusumadinata AA. 2018. Pengaruh Menonton Tayangan FTV Kuasa Ilahi Terhadap Perilaku Masyarakat. Jurnal Komunikatio. 4 (1): 51-62

Siregar NI, Muljono P. 2017. Pengaruh Perilaku Bermain Video Game Berunsur Kekerasan Terhadap Perilaku Agresi Remaja. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM]. 1 (3): 261-276

Soetjiningsih, 1998. Tumbuh Kembang Anak, Penerbit ECG. Penerbit Buku Kedokteran. Jakarta

Sukrillah A, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group FEI Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio. 3(2): 95-104

Published

2022-12-20

How to Cite

Izdni Rahmawati, F. ., Jabal, H., & Pratama, R. (2022). PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI SISWA KELAS XII JURURSAN MIPA SMA NEGERI 1 ANDONG. Journal Media Public Relations, 2(2), 53–61. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.766

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.