PELAKSANAAN SOSIALISASI PROGRAM PENCEGAHAN PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Bainal Huri Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.840

Keywords:

Pelaksanaan, Sosialisasi, Program, Pencegahan Perkawinan di Bawah Umur

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Sosialisasi Program Pencegahan Perkawinan di Bawah Umur pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkawinan yang dilangsungkan pada usia 15-19 tahun akan banyak menimbulkan dampak dan berakibat tertentu yang akan di dihadapi oleh kebanyakan pasangan, seperti pertengkaran dalam rumah tangga yang disebabkan oleh kurang dewasanya dalam menghadapi persoalan sehingga tidak sedikit menyebabkan meningkatkan angka perceraian didaerah tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, sehingga dapat ditarik kesimpulan dan dalam pembacaannya mudah dipahami. Hasil dari peneliti ialah Pelaksanaan Sosialisasi Program Pencegahan Perkawinan di Bawah Umur pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan tiga hal pokok program pencegahan perkawinan sebagai dasar dari penelitian ini adalah PUP, Kespro, Pik remaja dan kendala yang dihadapi adalah adat istiadat atau budaya, pendidikan, ekonomi, dan keluarga.

References

Adhim, Mohammad Fauzil.2017, Indahnya Pernikahan Dini. Jakarta: Gema Insani.

Akdon. 2016. Strategic Management For Educational Management. Alfabeta. Bandung.

Alimuddin, 2017, Penyelesaian Kasus KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga)

Mohammad, M. Dlori. 2017, Jeratan Nikah Dini Wabah Pergaulan, Yogyakarta:Media Abadi.

Nawawi, Hadari. 2014. Manajemen Strategik: Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI). Bandung.

Rosdakarya.

Singarimbun, Masri dan Effendi. 2016. Metode Penelitian Survey. Pustaka LP3ES. Jakarta.

Soerjono Soekanto. 2017. Pengantar Penelitian Hukum. Universitas Indonesia. Press. Jakarta.

Subarsono, AG, 2012, Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sugiono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta,

Sunandar Ngaliun,2017, Pedoman Intervensi Pembangunan Keluarga Sejahtera Bagi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (Jakarta: BKKBN).

Syahuri, Taufiqurrohman,2015, Legislasi Hukum Perkawinan Di Indonesia, Jakarta: Prenadamedia Group.

Published

2022-12-20

How to Cite

Huri, B. (2022). PELAKSANAAN SOSIALISASI PROGRAM PENCEGAHAN PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Journal Media Public Relations, 2(2), 43–52. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.840

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.