Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tourguide Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah

Authors

  • Dandi Sulistyo Program Studi Hubungan Masyarakat & Komunikasi Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Muria Putriana Program Studi Hubungan Masyarakat & Komunikasi Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Mentari Anugrah Imsa Program Studi Hubungan Masyarakat & Komunikasi Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari Program Studi Hubungan Masyarakat & Komunikasi Digital, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1637

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, kepuasan pengunjung, tourguide

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak komunikasi interpersonal tourguide pada kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah serta mengamati partisipasi pengunjung dalam interaksi mereka dengan tourguide. Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa ada keterkaitan yang signifikan antara komunikasi interpersonal tourguide dengan tingkat kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini mencapai 267.952 ribu dan sampel yang diambil berjumlah 100 responden, dihitung menggunakan rumus slovin. Accidental sampling  adalah teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah. Hasil penelitian memperlihatkan nilai uji korelasi Pearson sebesar 0,770 dengan tingkat signifikansi 0,001. Hasil ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal tourguide berhubungan positif dengan kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah. Dari analisis regresi linear sederhana, ditemukan bahwa nilai signifikansi adalah 0,001, sehingga hipotesis Ha dapat diterima, yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal tourguide dengan tingkat kepuasan pengunjung. Berdasarkan temuan ini, semakin efektif komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh tourguide, semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah, semakin besar kemungkinan pengunjung untuk merasa puas dengan kunjungan mereka.

References

Adianti, R. (2021). Pengaruh Intensitas Komunikasi Pramuwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Kota Batam. Universitas Putera Batam.

Anggoro, damas aryo, & Baskoro, dimas aryo. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Global Research on Tourism Development and Advancement, 4.

Atiek Ishlahiyah Al Hamasy. (2024). Kunjungan Turis Asing Naik, Sektor Pariwisata Jakarta Diprediksi Tetap Kuat. Kompas ID. https://www.kompas.id/baca/metro/2024/01/03/wisataat

Expert Survey: Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tumbuh pada 2024. (2023). Kemenparekraf. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/expert-survey-sektor-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-tumbuh-pada-2024

Finasari, F., & Surikno, H. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpesonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Geringging). Jurnal Kajian Keislaman, 11.

Intang, A. (2023). Pengaruh Fitur, Brand Image, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Cilincing. STIE Indonesia Jakarta.

Manparekraf Sandiaga Uno Support Kembangkan Potensi Pariwisata Berbasis Budaya di OKI. (2021). Explore Your South Sumatra. https://giwang.sumselprov.go.id/news/detail/manparekraf-sandiaga-uno-support-kembangkan-potensi-pariwisata-berbasis-budaya-di-oki-77#

Ngoc, M. (2023). Pemulihan yang Kuat dari Pariwisata Thailand. Radio Suara Vietnam. https://vovworld.vn/id-ID/rumah-asean/pemulihan-yang-kuat-dari-pariwisata-thailand-1240765.vov

Palupi Muslikhah, F., Ernawati, E., & Rizal, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tour Guide Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Curug Cikuluwung. Jurnal Kajian Islam Modern, 8(02), 21–34. https://doi.org/10.56406/jkim.v8i02.114

Ramadhan, I., & Anggraini, R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Peserta Kegiatan Pengenalan Destinasi Wisata Disparekraf DKI Jakarta. Open Journal Systems, 18.

Saputri, audiyah sahara. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Pengelola Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Di Kabupaten Indragiri Hulu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wujayanti, winda yunda, Irawan, pristanto ria, & Saputro, A. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kerjasama Team Pada PT. Teguh Anugrah Rejeki Bekasi. Journal Of Social Science Research, 3.

Published

2024-06-29

How to Cite

Sulistyo, D., Putriana, M., Imsa, M. A., & Sari, W. P. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tourguide Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah. Journal Media Public Relations, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1637

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.