STRATEGI REBRANDING FRONT ONE GOSYEN HOTEL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

Authors

  • Lina Sinatra Wijaya Universitas Kristen Satya Wacana
  • Emilia Ayu Christianingtias Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1849

Keywords:

Strategi Rebranding, Brand Awareness, Front One Gosyen Hotel

Abstract

Perkembangan dunia bisnis menjadi dorongan untuk melakukan perkembangan di dunia perhotelan. Salah satu hotel di Salatigan melakukan pembaharuan/ Rebranding yaitu Front One Gosyen Hotel yang dahulunya adalah Salatiga Plaza. Namun sayangnya Masyarakat Salatiga belum sepenuhnya mengenal dengan keberadaan hotel baru tersebut. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisa Strategi Rebranding yang dilakukan Front One Goysen Hotel Salatiga dari Salatiga Plaza Hotel untuk membangun Brand awareness. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif.  Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan obeservasi pada pihak management, serta masyarakat Kota Salatiga. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa Strategi Rebranding Front One Gosyen  dalam menciptakan branding hotel harus melalui 4 tahapan utama antara lain  (1) Perubahan Merek dari nama brand dari Salatiga Plaza menjadi Front One Gosyen (2) Pembaharuan Strategi Komunikasi yang aktif mememanfaatkan media sosial (3) Difersivikasi Produk atau Layanan produk yang update dan inovasi dari hotel sebelumnya  serta (4) Aliansi atau Kemitraan Strategis yang bekerjasama dengan patnership termasuk bekerja sama dengan influencer. Pelaksanaan Strategi yang saling bersinambungan ini berdampak positif dan efektif dalam meningkatkan Brand Awareness.

References

Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York : The Free Press

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Ariano, M. (2017). Pengaruh Rebranding Dan Repositioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1453.

Damayanti, Y. (Volume , 4 Nomor 1 2022). Efektivitas Pengambilan Keputusan Aliansi Strategis Dalam Menciptakan Aliansi Strategis Merupakan Salah Satu Bentuk Strategi Yang Mampu Menciptakan Keunggulan. Jamin.

Endarwati1, E. T. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif. Mandar: Management Development And Applied Research Journal, Volume 4 Nomor 1 Edisi Desember.

Fauzan, M., & Setiyorini, H. P. D. (2016). Upaya Meningkatkan Keputusan Penggunaan Meeting Package Di Hotel Bumi Asih Jaya Bandung Melalui Demand Based Pricing Methods (Survei Pada Tamu Wisatawan Bisnis Pengambil Keputusan Penggunaan Meeting Package Di Hotel Bumi Asih Jaya Bandung). The Journal : Tourism And Hospitality Essentials Journal, 1(2), 101. Https://Doi.Org/10.17509/Thej.V1i2.1884

Fransiscus Harijanto, & 2023. (2023). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Evolene Whey Protein Dengan Customer Value Proposition Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.10.1.1

Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019). Peran Influencer Dalam Strategi Meningkatkan Promosi Dari Suatu Brand (The Role Of Influencer In Strategies To Increase Promotion Of A Brand). Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1(29), 335–343. Http://Eproceeding.Isi-Dps.Ac.Id/Index.Php/Sandyakala/Article/View/73

Hermawan, L. (2015). Dilema Diversifikasi Produk: Meningkatkan Pendapatan Atau Menimbulkan Kanibalisme Produk? Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura.

Ilmiah, J., & Indonesia, M. (2023). Mutiara. 1(2), 267–275.

Ira Fazira, J. A. (2023). Diversifikasi Produk Dalam Profitabilitas Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Business Uho: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 8, No 1, (April), (2023).

M. Fikri Akbar1, H. D. (2024). Peran Tiktok Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Kalangan Milenial Dan Gen Z. Journal Media Public Relation , 52-57.

Nastiti, N. A., & Supranata, I. (2020). Strategy Marketing Public Relations Glad Coffee Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Pantarei, 4(02).

Noviani, F. (2013). Efektivitas Iklan Midtown Hotel Surabaya Di Harian Jawa Pos. Jurnal E-Komunikasi, 1(2), 210–220.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. Https://Doi.Org/10.21512/Humaniora.V4i1.3429

Pangestu, G. J., Sunarya, E., & Mulia Z, F. (2022). The Role Of Rebranding Strategy And Brand Image On Competitive Advantage On Cv. Roughrebel Abadi Sukabumi. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 3(1), 287–295.

Ramadayanti, F. (Jsmb Vol. 6 (2) 2019 ). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, Hlm. 78-83.

Singgih Miyata Dan Ec Eddy Madiono Sutanto, N., Manajemen Bisnis, P., Studi Manajemen, P., & Ekonomi, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Agora, 7(2), 287046.

Susilawati, A. D., & Solehatun, F. (2023). Peran Influencer Dan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Promosi Pada Suatu Brand. Analisis, 13(1), 52–64. Https://Doi.Org/10.37478/Als.V13i1.2524

Tulasi, D. (2016). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 45, 100–101.

(Vigni Rusmayadi Putri, 2001) Prosiding M Hubungan Masyarakat

Warhdana, A. (2020). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: The Art Of Branding, January, 105–118.

Published

2024-12-25

How to Cite

Wijaya, L. S., & Christianingtias, E. A. (2024). STRATEGI REBRANDING FRONT ONE GOSYEN HOTEL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS . Journal Media Public Relations, 4(2), 48–60. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1849

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.