TAKTIK HUMAS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DESTINASI WISATA GOA GONG DI DESA KESAWEN KABUPATEN PURWOREJO

Authors

  • Oktavia Ratna Widyastuti Hubungan Masyarakat, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana
  • George Nicholas Huwae Hubungan Masyarakat, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2549

Keywords:

brand awareness, taktik humas, pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi taktik humas yang diterapkan oleh desa Kesawen dalam membangun kesadaran merek melalui media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk validitas data menggunakan trianggulasi teknik yaitu dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil observasi dan juga media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa ini telah menerapkan taktik humas dalam membangun brand awareness. Written Tactic, yaitu mempublikasikan informasi melalui buletin atau koran (the newsletter); Spoken Tactics menggunakan kesempatan berbicara dengan menjawab pertanyaan wartawan (special types of speaking opportunities) dan komunikasi antarpribadi (word of mouth); Visual Tactics yaitu pemanfaatan elemen visual seperti penggunaan foto dan video (Televisi dan Still Photography atau Foto) melalui media sosial yang dimiliki. Meskipun desa Kesawen memiliki akun media sosial yaitu Instagram, penggunaannya tidak optimal, dan informasi mengenai desa ini masih kurang tersebar luas. Dari penelitian ini menegaskan bahwa untuk tingkat brand awareness desa tersebut sebagai destinasi wisata dapat dijadukan dasar bagi pemerintah desa Kesawen dalam merancang pengembangan desa wisata. Dalam hal tersebut taktik humas berperan penting mulai dari promosi hingga sarana komunikasi yang efektif.

References

Alfiansyah, R. (2024). Strategi Peningkatan Brand Awareness Untuk Membentuk Brand Recognition dan Brand Identity Pada UMKM Di Desa Kebonturi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 625–632.

Bahiyah, C., Wahyu Hidayat R., & Sudarti. (2018). Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata di Pantai Duta Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1).

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.

Cutlip, S., Center, A. H., & Broom, G. M. (2009). Effective Public Relations Edisi Kesembilan (9th ed.). Kencana.

Dian Nurdiansyah, Sheilla Maharani, & RR Lolita. (2024). Penguatan Brand Awareness Melalui Good Visual E-Katalog Marketplace Pada Pelaku Umkm di Desa Tamansari Bogor. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 10–29. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i3.1175

Fania Alzaira Rahma. (2024). Strategi Publik Relations dalam Mengoptimalkan Pengaruh Digital. Misterius : Publikasi Ilmu Seni Dan Desain Komunikasi Visual., 1(2), 55–64. https://doi.org/10.62383/misterius.v1i2.120

Febrianti, A. P., Wiyono, M. A. I., & Rizki, M. F. (2024). Analisis Strategi Public Relations Menangani Krisis Di PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3).

Feryanda, J. O., & Wijaya, L. S. (2024). Strategi Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 76–86.

Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2013). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Graha Ilmu.

Karunia Isa, N., & Lina Sinatra Wijaya, dan. (2024). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Kota Surakarta Melalui Media Relation | 85. Journal Media Public Relations (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1765

Khasanah, I. (2013a). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedap di Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen (JDM), 4(1).

Khasanah, I. (2013b). Jurnal Dinamika Manajemen Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhaadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap Di Semarang. In JDM (Vol. 4, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas Jilid 1. Erlangga.

Made, O., Nyoman, A., & Arida, S. (2015). Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal.

Moeliono. (1993). Metode Penelitian.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nursanti, S. M. I., & Yudhiasta, S. (2024). Pengembangan Promosi Desa Wisata Melalui Media Sosial. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 7(1), 440–450. https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i1.9981

Suhaimi, S. (2021). Strategi Public Relations Untuk Meningkatkan Minat Pengunju Museum Negeri Lampung “Ruwa Jurai.”. Journal Media Public Relations (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.37090/jmp.v1i2.519

Satibi, I. (2011). Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi. Ceplas.

Sosial, J. P., Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat. 1(3), 155–165.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. PUSTAKABARUPRES.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sulistiyo, A. A., & Angelia, C. R. (2023). Strategi Public Relations Astra International dalam Mempertahankan Reputasi di Era Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(2), 290–312. https://doi.org/10.25139/jkp.v7i2.5959

Susanawati, N., Aidina Pristiria, R., Retno, D., & Astuti, S. (n.d.). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Susanti, A., Oktarina, N., Permana, D. F., Gustine, G. P., ’Aeni, N. Z., & Kholqiyah, D. A. (2025). Penguatan Brand Awareness Desa Wisata Borobudur Melalui Pengembangan Bahan Tayang Edukasi Berbasis Media Sosial. Empowerment Journal, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.30787/empowerment.v5i1.1716

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif “Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan.” Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Published

2025-06-11

How to Cite

Widyastuti, O. R., & Huwae, G. N. (2025). TAKTIK HUMAS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DESTINASI WISATA GOA GONG DI DESA KESAWEN KABUPATEN PURWOREJO. Journal Media Public Relations, 5(1), 106–117. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2549

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.