STRATEGI HUMAS PERUMDA TIRTA PAKUAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK MELALUI MEDIA RELATIONS
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2546Keywords:
strategi humas, media relations, kepercayaan publikAbstract
Strategi adalah suatu perencanaan yang disusun dengan tujuan mencapai target tertentu. Hal inilah yang dilakukan oleh humas untuk membangun citra dan kepercayaan publik terhadap sebuah organisasi, khususnya pada lembaga layanan publik seperti Perumda Tirta Pakuan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Humas Perumda Tirta Pakuan menerapkan strategi media relations dalam mengelola komunikasi dengan publik untuk membangun kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi, ditemukan bahwa humas aktif menggunakan platform Instagram sebagai media komunikasi dua arah dengan masyarakat. Selain itu, relasi dengan media massa tetap dijaga melalui rilis berita dan konferensi pers. Hasil dari penelitian ini menunjukkan media relations yang dijalankan secara terstruktur dan berbasis komunikasi dua arah mampu meningkatkan kepercayaan publik serta memperkuat citra Perumda Tirta Pakuan sebagai institusi yang responsif dan transparan.
References
Algiffari, B. A., Yusalia, H. (2025). Strategi Komunikasi Humas Perumda Tirta Musi da-lam Mengelola Citra Perusahaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 3019–3029.https://doi.org/10.31004/jptam.v9i1.24754
Biyantara, Putri R. N. S., Wisudawanto R. Peran Humas dalam MembanguhnCitra Organisasi di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Sura-karta. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Komu-nikasi. 9(2):33-45.
Firmansyah A., Surya S. R. A., Zulfikar M., Maui D., Farida I. (2024). Peran Humas Hololive Productions Terhadap Perkembangan Virtual YouTuber Hololive Di Indonesia. Komu-nikasi : Jurnal Komunikasi. 15(1):1- 7.
Maulida, S. S., Ratnamulyani, I. A., Agustini. (2017). Strategi Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan dalam Pelayanan Prima kepada Pelanggan. Jurnal Komunikatio, 3(2), 69–74. https://doi.org/10.25157/jk.v3i2.916
Algiffari, B. A., Yusalia, H. (2025). Strategi Komunikasi Humas Perumda Tirta Musi da-lam Mengelola Citra Perusahaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 3019–3029.https://doi.org/10.31004/jptam.v9i1.24754
Maulida, S. S., Ratnamulyani, I. A., Agustini. (2017). Strategi Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan dalam Pelayanan Prima kepada Pelanggan. Jurnal Komunikatio, 3(2), 69–74. https://doi.org/10.25157/jk.v3i2.916
Risnawati, A., Zuraini, Z., Asian, A., Haryati, H. (2023). Strategi Humas (Public Relation) da-lam Membentuk Citra Organisasi. Jurnal Re-view Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4139–4144. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23474
Biyantara, Putri R. N. S., Wisudawanto R. Peran Humas dalam MembanguhnCitra Organisasi di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Sura-karta. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Komu-nikasi. 9(2):33-45.
Firmansyah A., Surya S. R. A., Zulfikar M., Maui D., Farida I. (2024). Peran Humas Hololive Productions Terhadap Perkembangan Virtual YouTuber Hololive Di Indonesia. Komu-nikasi : Jurnal Komunikasi. 15(1):1- 7.
Purwo S. H. R., Puspasari D. (2020). Peran Hu-mas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manu-sia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 8(3):458-467.
Putri J. N., Yuningsih S. (2023). Peran Humas dalam Mempublikasikan Kegiatan Kwartir Cabang Jakarta Selatan. Jurnal Bincang Komunikasi. Vol 1(2): 57-67. Sugiharto S., Ritonga H. M. (2024). Peran Humas dalam Meningkatkan Citra PDAM Tirtanadi Su-matera Utara. 18(1):37-44.
Sentosa, I., Vanel, Z. (2024). Strategi Marketing Public Relations Sabandina Koffie untuk Membangun Brand Recognition. Journal Media Public Relations, 4(2), 10–22. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.186
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pen-didikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.728
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Media Public Relations

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.