FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONTEN PROMOSI BUN KOPI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Yuli Evadianti
  • Reno Sukano Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.837

Keywords:

Instagram, Media, Promosi, Cafe Bun Kopi

Abstract

Bisnis di bidang kuliner memanfaatkan Instagram sebagai media promosi karena lebih murah, memiliki jangkauan luas, mudah diakses dan banyak kemudahan lainnya, penelitian ini menjelaskan tentang pemanfaatan Instagram sebagai media promosi Cafe Bun Kopi Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemanfaatan Instagram sebagai media promosi untuk memperkenalkan dan menawarkan produknya kepada konsumen atau pelanggan. Instagram bertransformasi menjadi media promosi oleh perusahaan, salah satunya ialah yang dilakukan oleh Bun Kopi. Pada Penelitian ini Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif, pertimbangan dalam pengambilan sampel akan ditentukan sesuai pada kualitas informasi partisipan yang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi promosi yang dilakukan Bun Kopi di Instagram memanfaatkan fitur-fitur utama berupa Postingan di Feed (Post Feed) mereka dan Instastory. Adapun faktor yang mempengaruhi konten promosi Bun Kopi di Instagram adalah adanya feedback (timbal balik) dari follower (pengikut) dengan memberikan like (tanda suka), berkomentar dan membagikannya ke lebih banyak orang.

References

Alo dan Liliweri. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana : Jakarta.

Atmoko D. dan Bambang. 2012. Instagram Hand Book Tips Fotografi Ponsel. Media Kita : Jakarta.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta : Jakarta.

Moleong L.J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung.

______. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Sutopo A.H. dan Arief A. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Prenada Media Group : Jakarta.

Published

2022-12-20

How to Cite

Evadianti, Y. ., & Sukano, R. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONTEN PROMOSI BUN KOPI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Journal Media Public Relations, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.837

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.