INSTAGRAM SEBAGAI NEW MEDIA UNTUK MEMBANGUN PERSONAL BRANDING
Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @fiersabesari
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v3i1.976Keywords:
Personal Branding, New Media, Instagram, InfluencerAbstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membawa masyarakat menuju era media baru (new media) dimana setiap individu dapat berkomunikasi melalui internet. Internet pun memunculkan banyak media berbasis online, salah satunya adalah Instagram yang sedang populer belakangan ini. Media sosial Instagram memunculkan banyak fenomena baru salah satunya adalah fenomena influencer atau selebrgram. Fenomena ini menjadi tren yang populer bahkan dapat menjadi salah satu cara pembentukan personal branding yang baik pada diri seseorang. Garis besar dari konsep personal branding adalah bagaimana seseorang menunjukkan keunikan dirinya, apa kelebihan yang bisa seseorang tunjukkan sehingga bisa memiliki nilai lebih, dan bagaimana seseorang membangun kesan yang positif dihadapan orang lain. Saat ini media sosial cukup memfasilitasi seseorang dalam membangun personal branding, khususnya Instagram. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan 4 informan dengan akun Instagram berbeda yang saat ini aktif menjadi influencer di media sosial Instagram. Informan Key dalam penelitian ini sekaligus menjadi bahan analisis deskriptifnya adalah akun milik Influencer Fiersa Besari yang berhasil menerapkan personal branding dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara, didapatkan informasi mengenai penggunaan media sosial sebagai media untuk membangun personal branding adalah dengan memanfaatkan konstruksi di tengah generasi muda bahwa Instagram suatu media sosial yang banyak sekali peminatnya dikarenakan memiliki segudang fitur dan mudah digunakan. Dan juga, Instagram adalah tren yang mudah sekali membawa suatu pengaruh secara cepat, sehingga influencer memilih Instagram sebagai new media untuk membangun personal branding.
References
Abugaza, A. (2013). Social Media Politica.
Jakarta: Tali Writing & Publishing.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Creswell, J. (2007). Qualitative Inquiry & Reseacrh Design: Choosing Among Five Approaches. California: Sage.
Creswell, J., & Poth, C. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (Fourth Edition). California: Sage Publications.
Faisal, S. (1990). Penelitian Kualitatif, Dasar-Dasar dan Aplikasi.
Malang: IKIP Malang.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3. Jakarta: Rajawali Press.
Langdridge, D., & Hagger-Johnson, G. (2004). Introduction to Research Methods and Data Analysis in Psychology. London: Pearson PLC.
Levy, P. (2001). Cyberculture, Electronik Mediations. Minneapolis: London University of Minnesota Press.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009).
Teori Komunikasi, Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.
McNally, D., & Speak, K. D. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal Brand yang Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3rd Edition. (diterjemahkan oleh Tjetjep Rohindi Rohidi). Depok: UI Press.
Mobray, K. (2009). The 10K's of Personal Branding: Create a Better You (Paperback). United States: iUniverse.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Montoya, P. &. (2008). The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded marketplace (paperback). United States: McGraw-Hill.
Napitupulu, E. Y., & Irawan, R. (2013).
Social Media Nation: 15 Inspirasi
Berjejaring Sosial. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing.
Narbuko, C. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasrullah, Rulli. 2012. Teori dan Riset Media siber (CyberMedia). Jakarta : Kencana Prenada Media Group Neale, J. M., & Liebert, R. M. (1986). Science and behavior: An Introduction to Methods of Research. New Jersey: Prentice hall International.
Puntoadi, D. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rampersad, H. K. (2009). Authentic Personal Branding: A New Blueprint for Building and Aligning a Powerful Leadership Brand (Paperback). North Carolina: Information Age Publishing.
Riccio, J. (2010). All The Web’s A Stage: The Dramaturgy of Young Adult Social Media Use. New York: Syracuse University.
Safko, L., & Brake, D. (2009). The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success.
New Jersey: John Wiley Inc.
Soekanto, S. (2000). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 9th ed. New Jersey: Pearson Addison Wesley.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surakhmad, W. (1985). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Skripsi
Dewi, A. K. (2018). PERSONAL BRANDING CELEBGRAM DAN PERSEPSI FOLLOWERS (Studi
Deskriptif Personal Branding Celebgram dan Persepsi Followers terhadap Personal Branding Celebgram dalam Akun Instagram @dianrizkita). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Fajriati, D. S. (2020). Instagram Sebagai Media Sosial Untuk Membangun Personal Branding di Kalangan Komunitas Instameet Indonesia di Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Melati, M. R. (2016). Analisis Konsep Dramaturgi Erving Goffman Dalam Pola Penggunaan Ruang Publik Kafe Oleh Mahasiswa Di Kota Surakarta. Surakarta: UIN Surakarta.
Putri, T. A. (2016). Fenomena Selebgram Sebagai Bentuk Personal Branding. Jakarta: Skripsi Universitas Prof.
Dr. Moestopo.
Susanto, R. (2009). BRAND EQUITY YANG DIBANGUN MELALUI PERSONAL BRANDING STUDI KASUS: RHENALD KASALI DENGAN MMUI DAN HERMAWAN KARTAJAYA DENGAN MARKPLUS. Depok:
Universitas Indonesia.
Suhaimi, & Saputra, R. D. (2021).
ADAPTASI KOMUNIKASI MAHASISWA AGAR TIDAK MENGALAMI GEGAR BUDAYA DI UNIVERSITAS TULANG BAWANG LAMPUNG.
Journal Media Public Relations, 13-17.
Tim Penyusun Humas Kementerian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Kementerian Perdagangan RI.
Jurnal
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 212-231.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.